Pasa Pabukoan, Pasar Dadakan Ramadan yang Jual Ratusan Menu Lezat

Rendang lokan.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat mengklaim, hingga saat ini sudah terdata sebanyak 60 pedagang yang akan dilibatkan untuk meramaikan Pasa Pabukoan yang digelar mulai hari pertama hingga terakhir Bulan Suci Ramadan 1440 Hijriah.

Kuliner Unik Ramadhan, Soto Bebek Kurma

Pasa Pabukoan merupakan pasar dadakan yang sengaja dibuat khusus untuk menjual berbagai macam aneka kuliner khas Ranah Minang. Mulai dari kudapan ringan hingga makanan berat.

Pasa Pabukoan selalu ramai diserbu para konsumen di bulan suci Ramadan. Mereka berburu berbagai macam varian kuliner dengan cita rasa tinggi untuk berbuka puasa.

Uniknya Kue Kicak, Takjil Khas Kampung Kauman Yogyakarta

Meski akan menjamur, namun untuk tahun ini Pemerintah Kota Padang menetapkan lokasi pasar jajanan untuk menu berbuka puasa (Pasa Pabukoan) baru satu titik yakni di depan Pasar Inpres Blok III, Pasar Raya.

“Kita sudah mendata sebanyak 60 pedagang yang terlibat di Pasa Pabukoan ini. Para pedagang yang terdaftar itu, merupakan penjual dari bermacam aneka menu kuliner untuk berbuka puasa. 50 pedagang di antaranya merupakan pedagang lama yang sebelumnya memang sering ikut serta dalam agenda Pasa Pabukoan ini. Sedangkan 10 pedagang lainnya merupakan pedagang baru," kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal, Jumat, 3 Mei 2019.

Menu Sedap Buka Puasa, Pindang Tempoyak Khas Palembang

Meski sudah terbiasa berjualan, seluruh pedagang itu akan diberikan pemahaman dan pembinaan terlebih dahulu. Tujuannya, agar mereka menjual kuliner yang higienis dan tanpa bahan berbahaya. Pembinaan nantinya akan kita lakukan bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Untuk jadwal, menurut Endrizal, seluruh aktivitas jual beli di Pasa Pabukoan ini akan dimulai pada pukul 16.00 hingga pukul 19.00 WIB. Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pedagang, Pemko Padang juga akan memberikan fasilitas tempat.

"Kita harap agar para pedagang dapat mematuhi aturan yang telah disepakati dan jangan menjual dagangan menggunakan bahan berbahaya. Untuk pengawasan kami akan selalu intensifkan bersama BPOM Padang," tutup Endrizal.

Nah, bagi Anda yang kebetulan berada di Sumatera Barat di bulan puasa ini, silakan mendatangi lokasi-lokasi Pasa Pabukoan.

Ratusan macam menu kuliner berbuka puasa nan menggugah selera, pasti akan dengan mudah anda temui. Es cendol, es rumput laut, es mata pengantin, kolak, onde-onde, pregede jaguang, sala lauak, lapek bugi, lamang tapai adalah beberapa dari sekian banyak jenis kuliner yang paling banyak diminati. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya