Deretan Artis Indonesia Pindah Kewarganegaraan dan Alasannya

Anggun
Sumber :
  • Management Anggun

VIVA – Setiap artis memiliki jalannya masing-masing dalam berkarir. Ada pula artis Indonesia pindah kewarganegaraan dari Warga Negara Indonesia (WNI) menjadi Warga Negara Asing (WNA) untuk melanjutkan karir di luar negeri atau yang mengikuti pasangannya. 

Jirayut Ungkap Alasan Kariernya yang Mandek di Negara Asalnya

Berbagai alasan artis Indonesia pindah kewarganegaraan, seperti bisa melancarkan cita-cita, mudah mendapatkan layanan administrasi, tinggal di luar negeri, dan lain sebagainya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini enam artis indonesia pindah kewarganegaraan.

1. Atiek CB

Ternyata Begini Dukungan Anggun untuk Pendidikan di Level Keluarga

Atiek CB

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Artis Indonesia pindah kewarganegaraan yang pertama adalah Atiek CB yang merupakan penyanyi populer di  era 90-an. Atiek CB memilih ikut bersama suaminya bernama Laurence Smith di Amerika Serikat. Ia memutuskan tinggal di sana dan pindah kewarganegaraan Amerika Serikat. 

Ramai Dijodohkan dengan Irish Bella, Umi Pipik Ungkap Curahan Hati Abidzar

2. Cinta Laura

Cinta Laura.

Photo :
  • Instagram @claurakiehl

Artis Indonesia pindah kewarganegaraan selanjutnya adalah artis cantik bernama Cinta Laura Kiehl. Sejak lahir, Cinta Laura memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Jerman dan Indonesia. Disaat usianya menginjak 21 thun, Cinta Laura memutuskan untuk mengikuti kewarganegaraan sang ayah menjadi warga negara Jerman. Cinta memiliki alasan tersendiri karena ingin mengujudkan impian go international, salin itu juga mempermudah dirinya dalam berpergian. 

3. Daniel Sahuleka

Musisi Daniel Sahuleka

Photo :
  • Antara/ Ismar Patrizki

Daniel Sahuleka, seorang penyanyi jazz berdarah Ambon ini juga merupakan salah satu artis Indonesia pindah kewarganegaraan. Saat ini ia tinggal di Winterswijk, Gelderland, Belanda. Daniel Sahuleka lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 6 Desember 1960. Ia memutuskan untuk pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Belanda karena ingin berkarir di sana. Dia ada dalam label rekaman asal Belanda, Naunyan Polyder. 

Anggun

Photo :
  • Management Anggun

Artis cantik ini memiliki nama lengkap Anggun Cipta Sasmi atau biasa dikenal Anggun C sasmi yang lahir 29 April 1974 salah satu artis Indonesia pindah kewarganegaraan. Ia merupakan artis yang multitalenta, seorang penyanyi, pencipta lagu, artis rekaman, produser rekaman, panelis, juri pencarian bakat, dan aktris. Saat ini Anggun C Sasmi tinggal di Normandy, Prancis Utara. 

Anggun memutuskan untuk pindah kewarganegaraan setelah pindah ke Prancis pada tahun 1994. Alasan Anggun pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Prancis karena kesulitan mengurus administrasi, akhirnya ia memilih pindah kewarganegaraan. Namun, sampai saat ini dia masih mencintai Tanah Air. 

5. Kristania Virginia Besouw

Kristania Virginia Besouw

Photo :
  • facebook.com/kbesouw

Artis Indonesia pindah kewarganegaraan yang kelima adalah Kristina Virginia Besouw atau yang biasa dikenal Kristy. Wanita cantik kelahiran 7 mei 1985 ini merupakan seorang Miss Indonesia tahun 2006. Selepas jabatannya menjadi Miss Indonesia, Kristy pindah ke Amerika Serikat untuk berkuliah dengan jurusan Keperawatan, yang sebelumnya ia berkuliah jurusan Ekonomi di Universitas Sam Ratulangi tapi tak dilanjutkan dan memutuskan ke Amerika Serikat. 

Pada tahun 2007 Kristy menikah dengan Frank Piay pria lulusan kedokteran asal Filipina, lalu Kristy pindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Ameika. Masuk 28 Oktober 2014, Kristania bergabung menjadi US Army. Walaupun kini ia sudah pindah menjadi Warga Negara Amerika dan juga US Army, Kristania sampai saat ini masih mencintai Indonesia. 

6. Fung Permadi

Fung Permadi

Photo :
  • pdjarum.org

Mantan pemain bulu tangkis Indonesia, Fung Permadi termasuk dalam artis Indonesia pindah kewarganegaraan. Fung Permadi lahir 30 Desember 1967 merupakan pemain bulu tangkis era 90-an. Ia adalah atlet berprestasi keluaran PB Djarum Kudus. 

Karena jarang diberikan kesempatan untuk kejuaraan internasional, Fung Permadi akhirnya pindah ke Taiwan dan bermain untuk negara tersebut. Ia berhasil memperoleh beberapa kejuaraan. Saat ini ia telah berhenti menjadi pemain bulu tangkis, kini Fung Permadi menjadi Manager Tim PB Djarum.

Itulah enam artis Indonesia pindah kewarganegaraan. Salah satunya adalah seorang atlet. Keputusan yang mereka ambil pastinya sudah dipikirkan matang-matang. Alasan yang diambil juga kuat sebelum memutuskan untuk pindah kewarganegaraan. Walaupun saat ini sudah tidak menyandang status WNI, namun dilubuk hatinya pasti masih mencintai Tanah Air. Bahkan beberapa artis di atas masih membawa harum nama Indonesia di kancah internasional. Menuai berbagai prestasi yang mengharumkan nama bangsa. Seperti yang dilakukan Anggun C Sasmi, ia sukses menyinden pertama kali di Kota Paris di pembukaan gelaran Java in Paris. Berharap tidak ada hujatan dari mana pun tentang keputusan yang mereka ambil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya