Alasan Kebaikan Eril Semasa Hidup Sampai Dikenang Banyak Orang

Emmeril Kahn Mumtadz
Sumber :
  • Instagram @emmerilkahn

VIVA – Selama dua pekan terakhir, perhatian masyarakat di Tanah Air berfokus pada peristiwa hilangnya anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Bern, Swiss. Doa dan harapan pun tak henti-hentinya mengalir dari seluruh masyarakat. Sejak kabar hilang sampai jenazah dikebumikan pada hari ini, Senin 13 Juni 2022. 

Jadi Pembicara di NUS, Ridwan Kamil Paparkan Gagasan Pemindahan Ibu Kota Negara

Beberapa orang mungkin mempertanyakan siapa itu Eril dan mengapa kepergiannya menjadikan banyak orang merasa kehilangan. Terlalu sederhana apabila jawabannya hanyalah sekadar anak dari seorang gubernur. Bahkan, yang mendoakan Eril bukan hanya dari dalam negeri, sampai ke Swiss pun turut mendoakan kepergiannya. 

Kita secara terhipnotis saat membaca informasi tentang Eril di media sosial, mata kita mungkin akan berkaca-kaca dan dilanjutkan dengan lantunan doa. Nyatanya, jawaban dari pertanyaan yang kerap hadir di benak banyak orang ini tercantum dalam salah satu ayat Al Quran berikut ini.

Golkar Sebut Ridwan Kamil Pilih Maju Pilkada Jawa Barat

“Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, kelak (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa kasih sayang (dalam hati mereka).” (QS. Maryam: 96)

Bila dihubungkan dengan ayat Al Quran Surat Maryam ayat 96 tersebut, maka Eril bisa dikatakan seorang hamba Allah yang beriman dan beramal shaleh. Hal ini terlihat dari kebaikan amal dan kontribusinya yang luar biasa dengan Jabar Zilenial serta cerita-cerita kebaikan. Sementara itu, Rasulullah SAW juga mengatakan hadis yang sangat indah. 

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

“Sesungguhnya Allah SWT apabila mencintai seorang hamba-(Nya), maka Dia memanggil Malaikat Jibril dan berfirman kepadanya, "Hai Jibril, sesungguhnya Aku menyukai si Fulan, maka cintailah dia. ”Jibril mencintainya, kemudian ia berseru ke segenap penduduk langit, bahwa sesungguhnya Allah menyukai si Fulan, maka sukailah dia oleh kalian.” (HR. Ahmad)

Kebaikan Eril Menurut Sang Ibunda

Emmeril Kahn Mumtadz

Photo :
  • Instagram @nabilaishma

Beberapa waktu lalu, dalam akun Twitter pribadinya, Atalia Praratya mengunggah beberapa foto yang memperlihatkan aksi kebaikan Eril semasa hidupnya. Sang ibunda mengatakan bahwa ia bergabung dalam Jabar Bergerak Zilenial. 

Menyadur dari LinkedIn, Jabar Zilenial ini adalah Non Governmental Organization yang mewadahi anak muda Jawa Barat untuk berkolaborasi dalam berbagai aksi kemanusiaan dan pendidikan. Semasa hidupnya, ia memang kerap terlibat dalam aksi sosial. 

Filosofi Eril

Emmeril Kahn Mumtadz dan Ridwan Kamil

Photo :
  • Tangkapan layar

Ridwan Kamil pada Minggu pagi tanggal 12 Juni 2022 kemarin mengunggah sesuatu tentang anak laki-lakinya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Lewat konten Reels di Instagram pribadinya @ridwankamil, dia memperlihatkan foto Eril menggunakan kacamata hitam dan menulis sesuatu yang dikatakan sebagai filosofi hidup Eril. 

Dalam keterangan foto Eril yang terlihat sangat gagah dengan balutan blazer biru dan kaos putih, Ridwan Kamil menulis filosofi hidup sang anak yang sempat hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss sebelum akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal. 

“Filosofi Hidup Eril : “berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan”,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagram pribadinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya