Mantan Bintang NBA, Shaquille O'neal Masih Percaya Bumi Datar

Shaquille O'Neal masih percaya bumi datar
Sumber :
  • pagesix.com

VIVA Showbiz – Saat belajar di sekolah dasar maupun "hanya" sebagai pengetahuan umum, pasti tahu bahwa bumi itu bulat. Namun, masih banyak orang, bahkan memiliki grup tersendiri, yang percaya bahwa bumi itu datar. Salah satunya adalah mantan pemain NBA, Shaquille O'Neal.  

Teori Bumi Datar Tidak Benar, 5 Hal Nyata Buktikan Bumi Bulat

Shaquille O'Neal masih belum yakin bahwa Bumi itu bulat. Terutama, menurut keterangannya, karena pesawat yang baru-baru ini ia tumpangi "terbang lurus" dan bukan diagonal.

“Itu teori, itu hanya teori, mereka mengajari kita banyak hal,” komentar O'Neal disesi tanya jawab dalam acara “The Kyle & Jackie O Show”. Hal ini masih berhubungan dengan komentar yang dia buat pada tahun 2017 tentang bumi yang datar, mengutip Page Six, Senin, 29 Agustus 2022.

Begini Nasib Kaum Bumi Datar Sekarang

Ilustrasi bumi datar

Photo :
  • U-Report

Dia kemudian menggunakan penerbangannya baru-baru ini dari AS ke Australia sebagai contoh untuk memperkuat teori ilmiahnya. 

5 Fakta yang Membungkam Mulut Besar Kaum Bumi Datar

"Saya terbang 20 jam hari ini, tidak sekali pun saya pergi ke sini," katanya, menunjuk lengannya secara diagonal. “Saya terbang lurus,” sebelum menambahkan bahwa dia “tidak terbalik” atau “terasa terbalik” selama perjalanan.

Pembawa acara, Kyle Sandiland menanyakan bagaimana seseorang bisa terbang ke sisi lain dunia dengan arah yang berbeda. “Bumi ini masih garis lurus,” mantan atlet berusia 50 tahun itu berpendapat, “bukan ke bawah.”

Shaquille ONeal

Photo :
  • CelticsBlog.com

Legenda NBA tersebut, yang tidak memiliki gelar sains, juga mengungkapkan keraguannya tentang apakah Bumi benar-benar berputar. 

"Kau tahu mereka bilang dunia berputar? Saya sudah 30 tahun tinggal di sebuah rumah di tepi danau, namjn tidak sekali pun danau itu berputar ke kiri atau ke kanan," jelasnya.

O'Neal mengaku dirinya senang mendengarkan teori: "Ini bukan tentang mencari tahu, atau mengenai salah atau benar - itu hanya sebuah teori."

Mantan pemain basket di group Miami Heat tersebut telah berbicara mengenai teori bumi datar sebelumnya, ketika dia mengobrol dengan co-host John Kincade di acara "The Big Podcast with Shaq,” dengan mengatakan, “Itu benar. Bumi itu datar.”

"Dengar, ada tiga cara untuk memanipulasi pikiran - apa yang Anda baca, apa yang Anda lihat dan apa yang Anda dengar," kata O'Neal.

Ilustrasi bumi

Photo :
  • Pixabay/Steven Goddard

“Di sekolah, hal pertama yang mereka ajarkan kepada kami adalah, 'Oh, Columbus menemukan Amerika,' tetapi ketika dia sampai di sana, ada beberapa orang berkulit putih dengan rambut panjang merokok pipa perdamaian. Jadi, apa artinya itu? Bukan Columbus yang menemukan Amerika.”

Dia melanjutkan, “Saya berkendara dari pantai ke pantai, dan tempat ini datar, menurut saya. Saya hanya mengatakan. Saya berkendara dari Florida ke California sepanjang waktu, dan itu datar bagi saya. Saya tidak naik dan turun pada sudut 360 derajat, dan semua hal tentang gravitasi, apakah Anda melihat ke luar Atlanta akhir-akhir ini dan melihat semua bangunan ini? Anda bermaksud memberi tahu saya bahwa China ada di bawah kita? Cina di bawah kita? Ini bukan. Dunia itu datar."

Bumi Datar.

Photo :
  • The Yucatan Times

Namun, dalam wawancara selanjutnya, O'Neal tampaknya mundur dari teorinya. “Bumi itu datar,” katanya kepada The Washington Post. “Maukah Anda mendengar teori saya? Bagian pertama dari teorinya adalah, saya bercanda, Anda idiot.

“Jadi ketahuilah bahwa ketika Shaquille O'Neal mengatakan sesuatu, 80 persen dari waktu saya adalah humor, dan itu adalah lelucon. Dan 20 persen dari waktu tersebut, saya serius. Tapi saat aku serius, kamu akan tahu.”

O'Neal saat ini memang berada di Australia, yang juga ia sebutkan sebagai Land Down Under atau Daratan di Bawah, untuk mengisi ceramah di sebuah acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya