Whitney Houston Idap Paru-paru Kronis

Whitney Houston
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Whitney Houston harus segera mengubah gaya hidupnya. Perempuan 47 tahun itu harus berhenti merokok jika masih ingin bertahan hidup.

Pernyataan itu disampaikan dokter pribadinya setelah mendiagnosis emfisema di tubuh Whitney. "Dia menderita emfisema dan dokter telah memeringatkan bahwa dia akan mengalami kematian yang buruk jika tak segera mengubah gaya hidup," kata seorang kerabat, seperti dilaporkan tabloid Amerika National Enquirer.

Tak ingin melihat ibunya menggali kuburannya sendiri, putrinya, Whitney Bobbi Kristina, akan membantu ibunya sembuh dari penyakit mematikan itu. Gadis 18 tahun itu akan melakukan yang terbaik agar ibunya panjang umur.

Emfisema merupakan penyakit paru-paru kronis yang ditandai kerusakan jaringan, sehingga paru-paru kehilangan elastisitas.

Hilangnya elastisitas itu membuat udara di dalam paru-paru tidak bisa keluar dan masuk dengan normal. Akibatnya, kantong udara akan membesar akibat penumpukan udara di dalamnya. Dalam kondisi ini, penderita biasanya memperlihatkan gejala sulit bernafas.

Penyebab utama emfisema adalah rokok. Tak hanya perokok aktif, mereka para perokok pasif juga memiliki risiko sama. Secara patologis rokok dapat menyebabkan gangguan pergerakan silia pada jalan nafas, menghambat fungsi makrofag alveolar, menyebabkan hipertrofi, dan hiperplasia kelenjar mukus bromkus. (art)

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024