Tunjukkan Solidaritas, Jolie Kunjungi Libya

Angelina Jolie di Libya
Sumber :
  • REUTERS/Jason Tanner/Handout

VIVAnews – Aktris Hollywood sekaligus duta PBB, Angelina Jolie mengunjungi Libya pada Selasa, 11 Oktober 2011 waktu setempat. Kehadiran Jolie di Libya selama dua hari itu adalah dalam rangka membawa bantuan untuk penduduk di wilayah Tripoli dan Misrata.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

“Saya datang ke Libya untuk berbagai alasan, untuk melihat transisi negara di setiap tingkatan dan menyaksikan upaya mewujudkan janji Arab Spring,” kata Jolie seperti dikutip Reuters.

Bintang film "Tomb Raider" tersebut menilai saat ini Libya menghadapi sejumlah tantangan. Di antaranya adalah masalah pengungsi, supremasi hukum, keamanan, sanitasi, pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan kemanusiaan lainnya.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

“Semua potongan-potongan tersebut harus disampaikan dan dikoordinasikan dengan baik dalam lingkungan rekonsiliasi dan keadilan,” ujarnya.

Ini adalah kali pertama Jolie mengunjungi Libya. Namun, ia pernah mengunjungi pengungsi Libya di Malta dan sebuah pulau di Italia, Lampedusa pada Juni lalu. Jolie juga sempat pergi ke Tunisia pada bulan April untuk menarik dukungan internasional bagi warga Libya yang melarikan diri.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Jolie tercatat sebagai duta pengungsi UNHCR PBB. Dalam kunjungannya ke Libya, ibu enam anak ini bertemu dengan perwakilan UNHCR, Medecins Sans Frontieres, dan organisasi non-pemerintah setempat.

“Saya akan bertemu pejabat dari semua sisi, tetapi di atas semua ini adalah mendengarkan penduduk lokal di jalanan. Saya di sini untuk mengekspresikan rasa solidaritas kepada mereka. Ini adalah pekerjaan membangun kembali dan pemulihan yang akan menentukan masa depan Libya,” katanya.

Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024