SBY Gendong Ibas ke Kamar

SBY di Pengajian Jelang Pernikahan Ibas-Aliya di Cikeas
Sumber :
  • VIVAnews/ Mustafa Ramli/ Pool

VIVAnews - Potong rikmo atau pemotongan rambut akan mewarnai prosesi siraman putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono dengan Siti Rubi Aliya Rajasa. Prosesi ini dilakukan di kediaman masing-masing mempelai setelah acara siraman pengantin.

Pemotongan rambut Ibas, sapaan Edhie Baskoro, akan dilakukan oleh SBY dan Ibu Ani di kediaman, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa 22 November 2011 pada pukul 16.00 WIB. Nantinya, rambut Ibas yang dipotong ini disimpan dan akan disatukan dengan potongan rambut milik Aliya yang juga melakukan prosesi ini di kediamannya di Fatmawati.

Setelah prosesi pemotongan rambut ini, SBY akan menggendong Ibas menuju kamar. Selanjutnya, Ibas berias di dalam kamar, sementara SBY melanjutkan prosesi dengan pemotongan tumpeng.

Ritual berikutnya adalah dodol dawet atau jualan dawet. Dalam prosesi ini, Ibu Ani bertugas menjual dawet kepada tetamu yang datang membawa kreweng, sebagai simbol uang untuk membeli dawet. Sementara SBY berperan menerima kreweng sembari memayungi Ibu Ani. Setiap menerima kreweng, SBY segera memasukkannya ke dalam bakul yang digendong Ibu Ani.

Dalam tradisi Jawa, ritual jualan dawet ini mengambil makna dari cendol yang berbentuk bundar, sebagai lambang kebulatan kehendak orangtua untuk menjodohkan anak.

Bagi tetamu yang akan membeli dawet harus membayar dengan ’kreweng’ atau pecahan genting, bukan dengan uang. Itu menunjukkan bahwa kehidupan manusia berasal dari bumi.

Sementara yang melayani pembeli adalah ibu calon pengantin, dan yang menerima pembayaran adalah bapak. Ini sebagai simbol yang mengajarkan kepada anak mereka yang akan menikah tentang bagaimana mencari nafkah sebagai suami istri, harus saling membantu. (eh)

Indonesia Vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23, Arab Saudi Tersingkir
Polisi bekuk pelaku begal yang bacok siswa SMP di Depok

Begal di Depok Nekat Beraksi Siang Bolong demi Beli Sabu

Begal itu menyasar pelajar dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024