Band Metal Hijab Asal Garut Jadi Sorotan Internasional

Band Voice of Baceprot, band wanita berhijab asal Garut.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Lagu-lagu beraliran rock metal selayaknya dibawakan oleh para kaum Adam. Namun asumsi itu tak berlaku bagi band lokal asal Garut, "Voice of Baceprot" alias suara bising, yang digawangi oleh tiga dara berhijab.

Voice of Baceprot Tampilkan Lagu Baru di Panggung Fenix360 Live

Penampilan ketiga gadis itu tergolong unik. Walau berpakaian sopan dan berhijab, lagu-lagu yang mereka bawakan pun “sangar-sangar,” mirip dengan band-band metal pada umumnya. Penampilan band VoB itu sukses membuat para penonton menggoyang-goyangkan kepala ke bawah atau headbang, mengikuti irama musik. Ini yang terlihat dalam suatu pertunjukan di suatu sekolah di Garut beberapa hari lalu.  

Kiprah mereka ini rupanya mengundang perhatian media massa internasional sekelas Reuters. Kantor berita asal Inggris itu pun sempat merekam penampilan VoB saat manggung serta mewawancarai personelnya.

ST12 sampai Voice of Baceprot Siap Panaskan Konser Ini

Dibentuk tahun 2014, band tersebut mencoba peruntungan dengan mengisi sejumlah acara di sekolah-sekolah. Salah satu personel, Firdda Kurnia (16) yang aktif sebagai gitaris merangkap vokalis, mengungkapkan hijab tak menjadi halangan bagi dia bersama dua rekannya meniti karier sebagai band metal.

"Saya pikir kesetaraan gender harus didukung, karena saya merasa masih mengeksplorasi kreativitas saya, sementara pada saat yang sama, tidak mengurangi kewajiban saya sebagai seorang wanita Muslim," ucap Firdda, yang dilansir Reuters, Selasa 30 Mei 2017.

Piawai Bermusik, Akankah Chindrika Girrandi Susul Kesuksesan Voice Of Baceprot?

Seperti sebuah video yang diunggah Reuters, Firdda cs sukses membius penggemarnya di sebuah acara kelulusan di sekolah di Garut.

Mereka sukses membawakan lagu-lagu milik Metallica dan Slipknot. (ren)

Firdda Kurnia, gitaris merangkap vokalis band metal Voice of Baceprot. (Foto: REUTERS/Yuddy Cahya)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya