Kostum Gundala Diproduksi di Tempat Kostum Superhero Marvel

Para pemain dengan poster Gundala
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasmin Karnita

VIVA – Abimana Aryasatya didapuk memerankan karakter Gundala dalam film garapan Joko Anwar berjudul Gundala Negeri Ini Butuh Patriot. Sutradara kondang itu juga mempersiapkan secara matang pembuatan kostum untuk film fiksi jagoan Indonesia itu. 

Abimana Aryasatya Pernah Kabur dari Rumah dan Jualan Burger

Tidak main-main, Joko Anwar memesan langsung kostum Gundala dari Los Angeles, Amerika Serikat. Pembuatan hingga pengerjaan dilakukan di sana.

“Buat di film membumi dan grande, kostum kita bikin practical. Kenapa ada kuping, armor, kenapa dibuat begitu. Kostumnya kan banyak ya. Kita buat detil,” kata Joko saat ditemui di Media Gathering Film Gundala di kawasan Senayan Jakarta Selatan pada Selasa, 28 Mei 2019.

Penggemar Bumilangit Kini Punya Rumah Resmi

Kostum Gundala didesain dan dikerjakan oleh perusahaan yang sama yang membuat kostum superhero garapan Marvel, Daredevil. Perusahaan tersebut juga sempat membuat kostum untuk film Watchmen

“Kita desain bareng dan kita buat di Los Angeles. Kita sempat ke Los Angeles selama beberapa waktu,” ujarnya menambahkan. 

Abimana Ungkap Kejutan Seru Serial Serigala Terakhir

Abimana, pengguna kostum Gundala pun juga ikut terbang menyambangi Negeri Paman Sam.  Kepada awak media, aktor 36 tahun itu menceritakan pengalaman fitting baju ‘superhero’ pertamanya. 

“Sampai sana, besoknya 3D scan satu badan. Gue pakai kolor doang, di scan satu badan. Kita bikin molding, molding itu muka ditaruh lilin semuanya untuk bentuk muka sama kepala karena kepala gue agak lumayan besar,” tutur Abimana. 

Demi profesionalitas kerja, Abimana harus mengenakan kostum tersebut selama proses syuting berlangsung. Terasa berat, Abimana mengaku tidak nyaman dengan kostum Gundala karena membuatnya banjir keringat. Pengambilan scene perkelahian menjadi lebih sulit untuk dilakukan.  

“Panas, sangat tidak nyaman sebenarnya. Gue enggak tahu bahannya dari apa. Tapi kalau nyaman enggak nyaman, ya mau enggak mau harus pakai gitu. Tapi pas dibuka ya basah kuyup gue keringatan,” ujarnya. 

“Sepatu juga cukup berat, untuk melakukan adegan fighting juga lumayan sulit sih,” Abimana menambahkan. 

Kostum yang diimpor langsung dari Los Angeles berjumlah lima pasang. Satu untuk dipakai Abimana saat memerankan karakter Gundala, tiga kostum untuk cadangan, dan satu pasang untuk stuntman. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya