Bahas Film Bumi Manusia, Hanung Bramantyo Menangis

Hanung Bramantyo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA – Film Bumi Manusia garapan Falcon Pictures resmi merilis poster terbarunya pada Rabu, 19 Juni 2019 di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh dua pemeran utama dalam film tersebut, Iqbal Ramadhan dan Mawar Eva De Jongh, serta sutradara Hanung Bramantyo. 

Trending No 1, Serunya Teaser Trailer Film Satria Dewa: Gatotkaca

Pada awal acara, Hanung mengungkapkan rasa bahagianya karena berkesempatan untuk menggarap Bumi Manusia, yang juga merupakan sebuah karya yang ia dambakan sejak dahulu. Saat memberikan kata sambutan, Hanung terlihat lebih emosional. 

“Saya bersyukur sekali kalian merayakan film ini dan itu poin buat saya. Dan terima kasih sekali buat Falcon yang telah menghadirkan Iqbaal dan Mawar, sekaligus bisa membuat karya Pak Pram seperti ini. Saya tidak pernah membayangkan karya Pak Pram bisa dinikmati oleh adik-adik semua,” kata Hanung sambil terisak. 

Anak Sembuh Cepat dari COVID-19, Ini Rahasia Zaskia Adya Mecca

Film Bumi Manusia diangkat dari buku mahakarya sastrawan Pramoedya Ananta Toer dengan judul sama. Hanung pun mengenang momen dirinya yang harus sembunyi-sembunyi untuk membaca novel tersebut. 

“Di umur 17 tahun, saya membaca Bumi Manusia karya mendiang Pram ini sambil sembunyi-sembunyi karena takut ditangkap sama polisi,” tuturnya. 

Kondisi Terkini 2 Anak Zaskia Adya Mecca yang Terpapar COVID-19

Pada masa rezim Orde Baru, membaca buku dianggap sebagai bentuk perlawanan terhadap pemerintah. Apabila ketahuan, orang tersebut akan ditangkap. 

Maka dari itu, tak salah Hanung menitikkan air mata ketika teringat memori tersebut. Sekarang, karya mendiang Pramoedya Ananta Toer berhasil divisualisasikan ke layar lebar, terlebih lagi dirinya yang ditunjuk sebagai sutradara menjadi suatu hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. 

“Saya membayangkan kalau Pak Pram duduk di sini, dia akan bangga, akan nangis kali. Jadi saya bersyukur, saya menangis ini bukan akting, demi Allah. Sutradara enggak bisa akting,” ucapnya. 

“Ini adalah kebahagiaan yang sangat besar bagi Pak Pram. Saya siapa, saya nothing. Saya hanya orang yang beruntung yang diberikan berkah untuk jadi kepanjangan tangan dari Pak Pram,” sambung suami Zaskia Adya Mecca itu. 

Film Bumi Manusia akan tayang serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 15 Agustus 2019. Selain Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jogh, film ini juga dibintangi oleh Sha Ine Febryanti, Donny Damara, Bryan Domani, Giorgino Abraham, dan Jerome Kurniawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya