Sinopsis Vice, Film Biografi Wakil Presiden Amerika Serikat

Vice.
Sumber :
  • IMDb

VIVA –Ditulis dan disutradarai oleh Adam McKay, Vice merupakan film drama komedi biografi Amerika Serikat tahun 2018. Film ini dibintangi Christian Bale sebagai mantan Wakil Presiden AS, Dick Cheney.

First Look Film Dilan 1983: Wo Ai Ni Resmi Dirilis, Tampilkan Dilan Saat Masih Anak-anak

Selain Bale, Vice juga menghadirkan sederet bintang lainnya, seperti Amy Adams, Steve Carell, Sam Rockwell, Justin Kirk, Tyler Perry, Alison Pill, Lily Rabe dan Jesse Plemons. Film ini dinarasikan oleh Kurt, seorang veteran fiktif Perang Afghanistan dan Irak.

Dilansir dari laman IMDc, Senin, 24 Februari 2020, Vice diawali dengan adegan di mana Dick Cheney dan pejabat Gedung Putih lainnya serta staf menanggapi serangan 11 September 2001. Film ini kemudian kembali ke Wyoming pada tahun 1963, di mana Cheney mendapat pekerjaan sebagai pekerja perusahaan listrik setelah kecanduan alkohol membuatnya keluar dari Universitas Yale.

Film Siksa Kubur Bakal Tayang Juga di Luar Negeri? Ini Kata Joko Anwar

Setelah Cheney dihentikan oleh polisi lalu lintas karena mengemudi sambil mabuk, istrinya Lynne Cheney meyakinkannya untuk menata hidupnya kembali.

Film ini kemudian berganti alur ke tahun 1969 ketika Cheney mendapat pekerjaan sebagai karyawan magang Gedung Putih selama Administrasi Nixon. Bekerja di bawah penasihat ekonomi Nixon, Donald Rumsfeld, Cheney menjadi staf operasi politik yang cerdas sementara ia berjuang dengan komitmennya pada istri dan anak perempuan mereka, Liz dan Mary.

Teuku Ryan Buktikan Cintanya di Film Baru! Ini Tantangan Terberat Suami Ria Ricis

Cheney sengaja mendengar Henry Kissinger mendiskusikan pemboman rahasia Kamboja dengan Presiden Richard Nixon. Sikap kasar Rumsfeld menyebabkan dia dan Cheney menjauh dari Nixon, yang menguntungkan kedua pria itu. Setelah pengunduran diri Nixon, Cheney naik ke posisi Kepala Staf Gedung Putih untuk Presiden Gerald Ford.

Sementara Rumsfeld menjadi Sekretaris Pertahanan. Media kemudian menjuluki perubahan tiba-tiba di kabinet sebagai Pembantaian Halloween. Selama masa jabatannya, Antonin Scalia muda memperkenalkan Cheney pada teori eksekutif kesatuan.

Setelah Ford keluar dari kantor, Cheney menjadi perwakilan untuk Wyoming. Setelah memberikan pidato kampanye yang canggung dan tidak karismatik, Cheney menderita serangan jantung pertamanya. Sementara ia pulih, Lynne berkampanye atas nama suaminya, membantunya memenangkan kursi di DPR AS.

Selama Pemerintahan Reagan, Cheney mendukung sejumlah kebijakan konservatif dan pro-bisnis yang mendukung industri bahan bakar fosil. Dia juga mendukung penghapusan doktrin keadilan FCC yang menyebabkan munculnya Fox News, radio konservatif, an meningkatnya tingkat polarisasi partai di Amerika Serikat.

Cheney selanjutnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan di bawah Presiden George H. W. Bush selama Perang Teluk. Di luar politik, Cheney dan Lynne berdamai dengan putri bungsu mereka, Mary, yang mengaku sebagai seorang lesbian. Meskipun Cheney mengembangkan ambisi untuk mencalonkan diri sebagai presiden, ia memutuskan untuk pensiun dari kehidupan publik untuk menyelamatkan Mary dari media.

Selama masa kepresidenan Bill Clinton, Cheney menjadi CEO Halliburton, sementara istrinya mengadopsi anjung golden retriever dan menulis buku. Sebuah epilog palsu mengklaim bahwa Cheney menjalani sisa hidupnya dengan sehat dan bahagia di sektor swasta.

Cheney diundang untuk menjadi calon wakil presiden George W. Bush selama pemilihan presiden Amerika Serikat tahun 2000. Menyadari bahwa Bush yang lebih muda lebih tertarik untuk menyenangkan ayahnya daripada memperoleh kekuasaan untuk dirinya sendiri, Cheney menyetujui syarat bahwa Bush mendelegasikan tanggung jawab eksekutif "biasa", seperti energi, militer, dan kebijakan luar negeri, kepadanya.

Sebagai Wakil Presiden, Cheney bekerja dengan Sekretaris Pertahanan Rumsfeld, penasihat hukum David Addington, Mary Matalin, dan Kepala Staf, Scooter Libby, untuk melakukan kontrol terhadap kebijakan luar negeri utama dan keputusan pertahanan di seluruh Washington.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya