Vice Ajukan Kebangkrutan

Vice
Sumber :
  • Press Gazette

VIVA Showbiz – Vice Media, merek media bertarget kaum muda yang didirikan oleh Shane Smith di Montreal hampir 30 tahun lalu, mengajukan kebangkrutan Chapter 11 pada hari Senin di Distrik Selatan New York, mendaftarkan aset dan kewajibannya dalam kisaran US$500 juta hingga $1 miliar.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim

Kebangkrutan menandai fase baru Vice, yang sebelumnya telah dilanda oleh manajemen yang buruk dan pemilik yang bertengkar, tuduhan pelecehan seksual, hutang yang menumpuk, rencana-rencana publik yang gagal , serta lebih dari setahun mencari pemilik baru, dikutip dari laman BBC, Senin, 15 Mei 2023.

Meskipun konten-konten Vice sering kali berdampak dan diakui secara kritis, dengan perusahaan pernah mendapat Hadiah Pulitzer untuk jurnalisme audio pada tahun 2020, Vice berjuang untuk mencapai profitabilitas karena mengejar pertumbuhan pesat di bawah CEO-nya, Smith.

Terancam PHK Massal, Ratusan Karyawan Polo Ralph Lauren Demo di Depan MA

Kantor Vice

Photo :
  • The Hollywood Reporter

Perusahaan media global yang berbasis di Brooklyn itu telah melakukan PHK “kecil-kecilan” selama berbulan-bulan sejak tahun lalu dan pada bulan April memberhentikan sekitar 100 staf, dari sekitar 1.500 staf, karena menghentikan produksi “Vice News Tonight,” berita andalannya yang tayang di saluran kabel Vice TV.

Tesla PHK 10 Persen Karyawan di Seluruh Dunia

Vice telah menjalankan beberapa proses penjualan dengan berbagai bank yang berbeda tetapi tidak pernah menerima tawaran yang sesuai. Proses kebangkrutannya diperkirakan akan berlangsung selama 45 hari atau kurang, kata seseorang yang mengetahui rencana tersebut.

Dalam pengajuan kebangkrutan terungkap betapa banyak perusahaan dan investor menggantungkan harapan mereka pada sang CEO Smith tentang potensi pertumbuhan. Di antaranya adalah raksasa ekuitas swasta TPG yang menginvestasikan US$450 juta pada tahun 2017 kepada Vice.

TPG juga memiliki saham di agensi bakat CAA, Spotify, dan outlet media Puck. James Murdoch juga merupakan Wakil investor melalui perusahaannya Lupa Systems, pertama kali membeli saham Vice pada tahun 2019 dan kemudian berpartisipasi dalam beberapa putaran pendanaan termasuk putaran pendanaan sebesar $135 juta pada tahun 2021.

Vice

Photo :
  • Press Gazette

Disney, yang menggelontorkan US$400 juta ke perusahaan itu pada tahun 2015, dan memiliki saham tambahan melalui A&E, perusahaan patungan antara Disney dan Hearst, dan aset Fox yang diakuisisi pada tahun 2019 mengambil dengan total lebih dari US$500 juta harga saham.

Satu orang yang tampaknya telah menang besar selama tiga dekade pertama Vice berjaya adalah Smith, yang menghasilkan US$100 juta dari bisnis tersebut.

Orang dalam sebelumnya melaporkan banyak vendor yang telah menuntut ke pengadilan untuk mengganti biaya yang belum dibayar Vice, termasuk konsultan manajemen FTI Consulting dan vendor teknologi Wipro, yang mengatakan berutanh US$10 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya