Dialog Viral Bu Tejo di Film Tilik Ternyata Improvisasi

Bu Tejo di Film Tilik
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Karakter utama dalam film 'Tilik' adalah seorang ibu bernama Tejo. Bu Tejo begi sapaannya diperankan oleh Siti Fauziah atau kerap disapa Ozie. Sosok Bu Tejo dalam film digambar sebagai orang julid, ceplas-ceplos dan suka bergunjing atau gosip.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Ozie menuturkan saat berperan sebagai Bu Tejo banyak improvisasi dialog yang dilakukan. Improvisasi dialog ini tak ada dalam naskah yang ditulis dan muncul karena memang dialog panjang yang dilakukan memungkinkan untuk improvisasi.

Salah satu improvisasi dialog atau clekopan yang muncul dari Ozie adalah, "Wong ki mbok yo sing solutip (jadi orang itu yang solutif). Ozie menyebut dialog itu tak ada dalam naskah namun justru menjadi viral dan dijadikan meme.

Ernando Ari Viral di Korea Selatan karena Joged Mengejek Lawan

"Yang sering dijadikan meme itu sebenarnya adalah clekopanku (improvisasi dialog). Itu tidak ada di naskah," ujar Ozie, Kamis 20 Agustus 2020.

Baca Juga: Para Ahli Sebut Bioskop Minim Penularan COVID-19

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Ozie menilai bahwa dengan improvisasi dialog justru menghidupkan suasana film. Improvisasi dialog yang dilakukannya pun ternyata banyak menarik perhatian dari penonton.

Selain clekopan 'mbok urip ki seng solutip' ada pula improvisasi dialog lainnya yang dilakukan Ozie dan menarik perhatian. Clekopan itu muncul saat truk yang dinaiki ibu-ibu diberhentikan oleh polisi.

"Tak andakke dulurku piye he. Podo-podo polisi bintange jejer-jejer limo, (Saya adukan pada saudara saya bagaimana. Sama-sama polisi bintangnya berjejer lima). Itu juga clekopanku (improvisasi dialog)," urai Ozie.

Ozie menambahkan bahwa hal lain yang tak ada di naskah adalah saat adegan seorang ibu muntah karena mabuk saat perjalanan. Ozie menyebut bahwa adegan muntah itu tak ada dalam naskah dan memang pemeran ibu mabuk darat.

"Yang muntah di film itu muntah beneran. Gak ada di naskah," urai Ozie.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya