8 Rekomendasi Film Horor Indonesia yang Bikin Bulu Kuduk Merinding

Pengabdi Setan
Sumber :
  • instagram.com/pengabdisetanofficial

VIVA – Film horor Indonesia memang menjadi yang paling dominan dan paling banyak disukai oleh para pecinta film di Tanah Air. Entah karena biaya produksi yang terbilang cukup murah atau mungkin karena Indonesia memang lekat dengan hal berbau mistis, faktanya film horor Indonesia masih menjadi keunggulan untuk bioskop lokal.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Tradisi perfilman Indonesia juga mendukung karena sejak zaman dulu genre tersebut ditujukan untuk menarik pemirsa yang bersanding dengan genre komedi. Tidak lain karena kondisi psikologis masyarakat di Indonesia lebih menyukai film yang mengusung cerita yang ringan. 

Bukan seperti genre drama yang meminta penonton untuk dapat berpikir supaya mengetahui alur cerita yang diangkat. Film horor Indonesia ini tidak jarang mendapatkan ulasan positif dari para kritikus film sampai sukses membawa penghargaan internasional. Hal ini tidak terlepas dari alur ceritanya yang apik, penjiwaan karakter yang keren, horor, dan gore yang dijamin akan membuat para penonton bergidik ngeri. Nah, berikut adalah ulasan tentang film horor Indonesia yang disadur dari berbagai sumber. 

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

1. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam.

Photo :
  • Istimewa
5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan

Karakter Maya yang dimainkan oleh Tara Basro mengalami masalah di tempat dirinya bekerja dan memutuskan untuk beristirahat sejenak di kantornya. Kemudian ia memutuskan untuk mendatangi tanah leluhurnya dengan tujuan untuk mencari ketenangan. Ia juga memperoleh kabar bahwa dengan datang ke tanah leluhurnya akan mendapatkan warisan. 

Maya kemudian berangkat bersama dengan Dini, yang dimainkan oleh Marissa Anita. Maya yang tidak mengenal tanah keluarga asalnya hanya bermodal rasa ingin tahu dan menyelidiki asal usul dirinya. Akan tetapi, sambutan warga sekitar sangat dingin dan tidak bersahabat. Bahkan, masyarakat tersebut seperti mempunyai dendam dan ingin menghabisi Maya. 

Singkat cerita, Maya bermalam di kampung halamannya tersebut. Akan tetapi, justru dia dikagetkan dengan fakta membingungkan tentang keluarga dan sejarah keturunan di tanah tersebut. Maya kemudian berusaha untuk bertahan hidup dari upaya pembunuhan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Usaha bertahan hidup tersebut menjadi sangat seru dan menegangkan untuk ditonton. 

2. Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan

Photo :
  • Instagram Joko Anwar

Film yang merupakan besutan dari sutradara kondang, Joko Anwar ini adalah film horor Indonesia yang dibuat ulang dengan judul yang sama tahun 80-an. Film yang dirilis tahun 2017 ini menceritakan kisah Rini, sang ayah, ibu, dan ketiga adiknya yang terpaksa pindah ke rumah neneknya, karena rumah sebelumnya dijual untuk biaya pengobatan sang ibu. Sang ibu sudah mengalami sakit selama tiga setengah tahun tapi tidak diketahui penyebabnya. 

Setelah sang ibu meninggal, keluarga tersebut mulai mengalami teror dari sosok hantu perempuan yang mirip dengan ibu mereka sampai akhirnya terkuak masa lalu keluarganya yang memang mempunyai perjanjian dengan iblis. Pengabdi Setan ini sukses mendapatkan predikat sebagai film horor Indonesia terlaris dengan meraih 4,2 juta penonton. 

3. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur

Poster film Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur

Photo :
  • dok.ist

Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur ini adalah film remake tahun 80-an yang pernah dimainkan oleh ratu horor Suzzanna. Film yang diarahkan oleh Rocky Soraya dan Anggy Umbara ini sukses menggaet lebih dari 3,3 juta penonton. Dimainkan oleh Luna Maya dan Herjunot Ali, film ini mengusung cerita tentang suami istri, Satria dan Suzzanna, yang belum mempunyai seorang anak setelah 7 tahun menikah. 

Sampai suatu ketika, kehamilan yang ditunggu-tunggu oleh keluarga ini datang. Akan tetapi, Suzzanna harus terbunuh ketika rumah yang ditinggalinya didatangi oleh para perampok yang berniat untuk balas dendam kepada Satria. Akan tetapi, hal aneh terjadi, Suzzanna masih tampak hidup dan beraktivitas seperti biasa di keesokan harinya. Penasaran? Langsung saja tonton film ini. 

4. Danur

:

Poster film Danur: I Can See Ghost.

Photo :
  • dok.ist

Danur I: I Can See Ghosts adalah sebuah film horor Indonesia yang diangkat dari novel laris karya Risa Saraswati. Film horor ini mengangkat kisah nyata Risa dengan teman-teman gaibnya. Dimainkan oleh Prilly Latuconsina, sejak hari ulang tahun ke-8, Risa meminta seorang teman, lantaran kesibukan sang ibu sehingga membuat dirinya kesepian berada di rumah. 

Sang ibu yang bernama Elly melihat Rissa tengah bercanda dengan sahabatnya yang ternyata seorang hantu. Elly memutuskan untuk melaksanakan berbagai cara demi memisahkan Risa dengan para hantu tersebut. Sampai akhirnya sembilan tahun kemudian, Risa kembali ke rumah tersebut dan mengalami berbagai kejadian aneh. Puncaknya, Risa harus menolong sang adik yang dibawa oleh hantu jahat ke dunia lain. 

5. Ratu Ilmu Hitam

Poster film Ratu Ilmu Hitam

Photo :
  • U-Report

Rekomendasi film horor Indonesia berikutnya adalah Ratu Ilmu Hitam yang tayang tahun 2019 lalu. Cerita film ini memperlihatkan sulitnya perjuangan penyintas kekerasan seksual dalam memperoleh keadilan. Disutradari oleh Kimo Stamboel dengan naskah yang berasal dari Joko Anwar memperlihatkan bagaimana Murni (Putri Ayunda) yang akhirnya menggunakan ilmu santet. 

Hal ini dilakukan oleh Murni lantaran untuk membalas dendam kepada pelaku kekerasan seksual terhadap dirinya. Pengalaman tidak mengenakan sekaligus menyeramkan mulai hadir saat balas dendam tersebut terjadi. 

6. Sebelum Iblis Menjemput

Film Sebelum Iblis Menjemput.

Photo :
  • Instagram.com/pevpearce

Film yang diarahkan oleh Timo Tjahjanto ini mengangkat kisah Alfie (Chelsea Isal) yang hidup dalam kemalangan. Ibunya meninggal dengan misterius, sementara sang ayah meninggalkan Alfie dan menikah kembali dengan seorang perempuan bernama Laksmi (Karina Suwandi). Setelah sekian lama, Alfie mendapati bahwa sang ayah jatuh miskin dan sekarat. 

Setelah sang ayah meninggal dunia secara tidak wajar, Alfie ingin mencari tahu mengenai apa yang sebetulnya terjadi dengan cara mendatangi vila yang selalu didatangi oleh sang ayah. Di tempat ini, ia bertemu dengan Laksmi dan kedua anaknya. Selama berhari-hari memutuskan untuk menginap di sana dan mereka mengalami kejadian aneh setelah bertemu dengan pintu terlarang. 

7. Asih

Film Asih 2

Photo :
  • Instagram

Asih adalah lanjutan dari waralaba film Danur. Film horor Indonesia ini mengangkat kisah Asih, seorang perempuan yang harus mengakhiri hidupnya karena mengalami berbagai kejadian nahas, terutama ketika dirinya diusir oleh kedua orang tuanya lantaran hamil di luar nikah. Begitu juga dengan para tetangga yang berada di kampung karena mencemooh Asih. 

Setelah meninggal dunia, arwah Asih mulai menghantui Puspita (Citra Kirana) yang tengah hamil besar dan ia tinggal tidak jauh dari lokasi Asih melakukan bunuh diri. Teror Asih semakin kuat usai Puspita melahirkan bayinya. Film yang dimainkan oleh Shareefa Daanish dan Darius Sinathrya ini sukses menggaet 1,7 juta penonton di seluruh Indonesia. 

8. The Doll

The Doll, Annabelle Versi Indonesia

Photo :
  • Dok. Hitmaker Studio

The Doll merupakan rekomendasi film horor Indonesia berikutnya yang tidak kalah menegangkan. Menceritakan kisah sepasang suami istri yang bernama Daniel dan Anya yang beru saja pindah ke Bandung. Film ini dimainkan oleh Shandy Aulia, Sara Wijayanto, dan Denny Sumargo. 

Suatu saat, Daniel tanpa sengaja membawa pulang boneka dari lokasi proyek tempat dirinya bekerja. Akan tetapi, boneka tersebut tidak seperti boneka pada umumnya. Banyak kejadian aneh dan sangat menyeramkan berdatangan saat memasuki malam hari. 

Konferensi Pers

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Aktor dan aktris ternama Tanah Air, Nicholas Saputra dan Putri Marino disatukan dalam film The Architecture of Love, produksi Starvision tayang di bioskop 30 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024