5 Fakta Film Lightyear yang Dilarang Tayang karena LGBT

Buzz Lightyear di film animasi Lightyear.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Terkuak fakta film Lightyear yang dilarang tayang di Timur Tengah ternyata memang benar adanya. 
Saat ini kartun Lightyear, film animasi garapan Disney Pixar sedang menuai kontroversi jelang perilisannya. 

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Tidak hanya itu, bahkan hingga beberapa negara tidak mengizinkan agar spin-off dari film Toy Story itu tayang di bioskop-bioskop. Film Lightyear mengikuti Doctor Strange in the Multiverse of Madness', 'West Side Story' dan 'Eternals' pada daftar judul Disney utama yang akan diblokir oleh sensor Teluk karena dimasukkannya adegan LGBT.

Lightyear adalah film terbaru dari studio yang dilarang di berbagai negara Timur Tengah, termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, lapor The Hollywood Reporter. Sumber mengatakan kepada THR bahwa keputusan tersebut terkait dengan dimasukkannya ciuman sesama jenis dalam spin -off prekuel Toy Story Pixar.

Film Badarawuhi di Desa Penari Bakal Tayang di 28 Negara Bagian AS

Lightyear header

Photo :

Adegan, yang melibatkan karakter wanita Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba) dan pasangannya, awalnya dipotong dari film tetapi dipulihkan setelah keributan seputar pernyataan dari karyawan Pixar yang mengklaim bahwa Disney telah menyensor "kasih sayang gay yang terang-terangan" dan CEO Disney Bob Chapek menangani tagihan "Don't Say Gay" Florida.

7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Lantas, seperti apa fakta film Lightyear yang dilarang tayang di Timur Tengah tersebut? Berikut ini akan kami kupas fakta-fakta film Lightyear yang dilarang tayang,melansir dari berbagai sumber:

Lightyear Adalah Film Terbaru yang Dilarang di Arab Saudi Karena Ciuman Sesama Jenis

Lightyear Pixar adalah film terbaru yang tidak lolos sensor Timur Tengah, bergabung dengan serangkaian film Disney terkemuka baru-baru ini yang telah dilarang di negara-negara termasuk Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Dalam kasus Lightyear , keputusan untuk memboikot Lightyear tampaknya bermuara pada dimasukkannya ciuman sesama jenis dalam spin-off Toy Story . Situasi tersebut menggambarkan posisi Disney yang semakin kompleks, terjebak di antara sisi liberal dan konservatif dari perang budaya yang berlingkup nasional dan internasional.

Adegan Lightyear Menampilkan Karakter Wanita Hawthorne dan Pasangannya

Film ini menampilkan karakter wanita Hawthorne (disuarakan oleh Uzo Aduba) yang diceritakan menjalin hubungan dengan karakter perempuan lainnya.

Menampilkan karakter wanita Hawthorne dan pasangannya, awalnya dipotong dari film, tetapi keputusan itu menyebabkan kegemparan online setelah tuduhan bahwa Disney berusaha menutupi penggambaran kasih sayang gay dari skenarionya.

Setelah bencana Florida Disney dan perseteruan yang sangat publikdengan gubernur Ron DeSantis setelah pengesahan undang-undang negara bagian "Jangan Katakan Gay", para aktivis secara tidak mengejutkan telah mengawasi perusahaan dengan sangat cermat.

Film Ini Tidak Dilisensikan untuk Pemutaran Publik

Film ini dilarang di negara-negara seperti Arab Saudi dan UEA. Dan terak terakhir mengatakan film itu "tidak dilisensikan untuk pemutaran publik karena melanggar standar konten media negara itu," menurut The Hollywood Reporter .

Dan ini hanyalah contoh terbaru dari salah satu film Disney yang ditahan oleh sensor Timur Tengah karena penyertaan (sering kecil dan tangensial) referensi atau karakter LGBTQ. 

Dilarang Tayang di 14 Negara

Faktanya,  ternyata bukan hanya di Arab Saudi saja dilarang rilis, ternyata film ini juga dilarang tayang di 14 negara Timur Tengah dan Asia. Salah satu negara yang menjegal perilisan dari film animasi ini adalah China.

Lightyear Disney/Pixar Mulai Dirilis di Luar Negeri Minggu Ini

Seperti melansir dari Deadline, film Lightyear dilaporkan tidak tayang di beberapa negara di Asia Tenggara yakni Malaysia bahkan Indonesia.  "Lightyear Disney/Pixar mulai diluncurkan di luar negeri minggu ini, tetapi tidak adan tayang di bioskop di pasar Timur Tengah seperti Arab Saudi, UEA, Bahrain, Mesir, Kuwait, Oman, dan Qatar. Juga tidak akan diputra di bioskop di Malaysia atau Indonesia," dikutip dari Deadline pada Selasa (14/6/2022). 

Hingga saat ini belum ada laporan resmi soal film Lightyear yang tayang di Indonesia atau tidak. Tapi jika sesuai jadwal, film ini akan tayang di bioskop Indonesia pada 15 Juni 2022 besok. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya