Review Oppenheimer, Kisah Hidup Bapak Bom Atom Dunia yang Melegenda

Film Oppenheimer
Sumber :
  • Forte Indonesia

AMERIKA – Sutradara ternama kelahiran Inggris, Christopher Nolan menghadirkan film biopik yang sangat dinanti di tahun 2023 ini, berjudul Oppenheimer. Film tersebut menyuguhkan kisah hidup seorang ahli fisika dunia, J. Robert Oppenheimer atau yang dikenal mendapat julukan Bapak Bom Atom Dunia. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Nolan menulis naskah film tersebut berdasarkan buku berjudul American Promotheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer karya Kai Bird dan Martin J. Serwin. Sebagai informasi, Oppenheimer berdurasi cukup lama untuk film layar lebar yakni 3 jam. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Nolan menyuguhkan cerita yang sangat tertata dan rapi yang tergambar dalam dialog padat dan intens. Ya, cerita dibangun dengan lembut hingga mencapai klimaks semuanya tergambar kuat dari dialog. Fokus dengan apa sedang dibahas adalah kunci untuk memahami keseluruhan film Oppenheimer.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Tidak berhenti sampai di situ, beberapa bagian dialog padat itu juga dibalut dengan unsur istilah-istilah bidang fisika. Perlu ditegaskan, meski dialog panjang, intens, dengan banyak istilah ilmiah, namun Nolan dengan sangat jenius berhasil merangkai semuanya dengan perpaduan menarik hingga tidak terkesan membosankan.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Salah satu unsur yang membuat kesan drama terasa kuat adalah tentu saja iringan musik. Di beberapa bagian, emosi penonton akan dibuat naik turun karena rentetan dialog intens yang dibarengi ketukan musik dan kualitas akting pemain memukau, membuat suasana menjadi tegang.

Film Oppenheimer sendiri mengusung alur maju mundur yang begitu terasa dikemas rapi oleh Nolan. Penyajian gambar hitam putih dan berwarna juga akan menjadi salah satu bagian sangat menarik hingga membuat film Oppenheimer terasa tidak biasa.

Dari departemen penceritaan sendiri, Nolan menyajikannya begitu tertata mengenai fisikawan bernama Oppenheimer yang digaet pemerintah Amerika untuk membuat sebuah senjata. Dengan kecerdasan yang dimilikinya, Oppenheimer dengan tim akhirnya menggarap sebuah proyek bernama The Manhattan Project. Proyek yang menelan biaya besar itu bermarkas di Los Alamos, New Mexico. 

Tidak sia-sia, Oppenheimer bersama tim mampu menciptakan sebuah senjata dengan daya ledak luar biasa dan yang kita kenal sekarang bom atom. 

Selain itu, ada intrik cerita lain setelah Oppenheimer mampu menciptakan bom dengan daya ledak besar tersebut. Intrik ini nantinya akan membuat film Oppenheimer terasa menyentuh dari sisi drama. Tidak lupa, kehidupan asmara Oppenheimer juga menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan dalam film ini. 

Film Oppenheimer

Photo :
  • Istimewa

Seluruh tim dari produksi Oppenheimer berhasil menyuguhkan kinerja terbaik khususnya dari departemen pemain. Aktor ternama Cillian Murphy, mampu memainkan peran Oppenheimer dengan sangat baik dan layak mendapat standing ovation. Murphy mampu menghidupkan peran Oppenheimer melalui segala hal yang ia lakukan. 

Selain Cillian Murphy, nama-nama besar lainnya juga dihadirkan sebagai pemain yang lagi-lagi layak mendapat standing ovation, mereka adalah Robert Downey Jr, Matt Damon, Emily Blunt, Josh Hartnett, Florence Pugh, dan yang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya