#PapuaBukanMonyet, Sederet Artis Suarakan Dukungan untuk Papua

Warga Papua nyalakan lilin, aksi damai di Bundaran Tugu Perdamaian Timika Indah. Logo ads
Warga Papua nyalakan lilin, aksi damai di Bundaran Tugu Perdamaian Timika Indah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding

VIVA – Kerusuhan terjadi di Manokwari, Papua Barat, pada Senin, 19 Agustus 2019 pagi. Sejumlah ruas jalan pun diblokir massa, hal ini terjadi diduga buntut dari kejadian di Surabaya dan Malang.

Tidak ingin kerusuhan semakin meluas, beberapa public figure menyatakan harapannya agar permasalahan yang ada di Papua bisa segera selesai dan kembali damai.

Salah satunya datang dari stand up komedi, Arie Kriting yang mengaku ikut tersinggung dan merasakan sakit jika ada yang mencaci warga Papua. Namun menurutnya itu hanya segelintir orang yang tidak ingin Indonesia bersatu.

"Saudara-saudari kami di Papua. Setiap caci maki kepada kalian adalah luka untuk kita semua. Segelintir orang memang sedang menginginkan perpecahan bagi kita semua, tanpa mau peduli siapa yang terluka. Mereka seharusnya bukanlah cerminan Bangsa Indonesia yang sesungguhnya," tulis Arie di salah satu unggahan Instagramnya, Senin, 19 Agustus 2019.

Ia menginginkan agar warga Papua kembali beriringan dan melangkah ke depan untuk kemajuan bangsa Indonesia.

"Bangsa Indonesia adalah saya, Bangsa Indonesia adalah kamu, Bangsa Indonesia adalah kita semua yang tetap beriringan, bergandengan tangan, melangkah bersama menuju kemajuan," katanya.

Begitu juga dengan Arie Untung yang menuliskan harapannya agar pemasalahan cepat selesai. Menurutnya, persaudaraan harus tetap ada dan jangan sampai terpisahkan.