Ibu Meninggal karena COVID-19, Tompi Menyesal Izinkan Mudik

Tompi dan almarhumah sang ibunda.
Tompi dan almarhumah sang ibunda.
Sumber :
  • Instagram @dr_tompi

VIVA – Kepergian ibunda untuk selama-lamanya masih membekas begitu dalam bagi musisi Tompi. COVID-19 yang menjadi penyebab sang ibu tutup usia pada Jumat, 23 April lalu, membuat Tompi merasakan kesedihan yang mendalam di momen Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Dalam video singkat di Instagram miliknya, pelantun Menghujam Jantungku itu mengisahkan kronologi sang ibu terjangkit virus corona hingga meninggal akibat virus SARS-CoV-2 itu. Bermula saat mendiang ibunda ingin pulang kampung di Lhokseumawebdemi untuk ziarah.

"Menjelang bulan puasa, beliau pengin pulang ke Aceh. Ia rindu nyekar ke kuburan bapak, adek, ketemu keluarga besar di Aceh. Terus dia minta izin pulang, saya bolehin. Dengan catatan, di rumah saja, tetap jaga jarak, pakai masker," ujar pemilik nama Teuku Adifitrian itu.

Tak disangka, ibundanya yang tengah menikmati mudik malah terpapar COVID-19 dari sanak saudaranya yang tak bergejala. Gejala yang cukup nampak pun demam dan mengalami penurunan saturasi oksigen sehingga harus segera memanggil ambulans.

Klik halaman berikutnya untuk melanjutkan.

"Saya ngomong dari jam 6 pagi. Tapi ambulans baru ready hampir jam 4 sore. Bayangin gap-nya begitu lama," tutur pelantun Salahkah itu.

Dokter spesialis bedah tersebut juga menyayangkan minimnya fasilitas kesehatan yang membuat nyawa ibunda terlambat untuk ditolong. Terlebih, untuk mendeteksi COVID-19 juga terbilang jauh dari kata cukup, lantaran hanya dilakukan dua kali dalam sepekan.