Krisdayanti dan Arzeti Bilbina Memaknai Hari Kartini Seperti Ini

Krisdayanti.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Tanggal 21 April setiap tahunnya Indonesia, memperingati  Hari Kartini. 21 April ditetapkan sebagai hari Kartini merujuk pada tanggal kelahiran RA. Kartini yakni 21 April 1897. 

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

RA Kartini memiliki peranan penting lantaran pelopor emansipasi wanita, simbol kebangkitan perempuan di Indonesia. Tidak heran banyak wanita Indonesia yang bangga terhadap perjuangan RA Kartini. Tidak terkecuali selebritis Tanah Air yang memperingatinya sebut saja Krisdayanti dan Arzeti Bilbina

Kedua selebritis yang saat ini duduk di kursi Parlemen pun memberikan pesan tentang makna dari hari Kartini. Diungkap Krisdayanti makna dari Hari Kartini memberi peluang atau semangat untuk membangun diantara perempuan. Di momen Kartini ini, Krisdayanti ingin mendorong perempuan di Indonesia untuk bisa masuk ke parlemen.

Kasus DBD Naik, PPDI Minta Perempuan RI Ikut Donor Darah

Krisdayanti

Photo :
  • IG @krisdayantilemos

"Untuk memberikan peluang atau semangat untuk saling membangun sesama perempuan memberikan ruang partisipasi perempuan lain. Contohnya saya ingin mendorong perempuan Indonesia masuk ke parlemen kuotanya saja 30 persen tapi ternyata kuotanya belum mencapai 30 persen," kata Krisdayanti seperti dikutip dari video yang diunggah di akun Instagram miliknya.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Tidak hanya itu saja, ibunda dari Aurel Hermansyah ini juga ingin memberi ruang kepada wanita Indonesia untuk mencintai dunia politik dengan perannya masing-masing.

"Artinya kita tau bahwa wanita dan ibu pekerja bukan lagi dua hal yang terpisahkan. Jadi jangan pernah patah semangat bahwa ruang kita belajar bisa di semua tempat di level usia berapa saja," kata dia.

Lalu dalam caption yang dibubuhkannya di unggahan video tersebut, politisi PDIP itu menjelaskan, Kartini menjadi teladan para perempuan dahulu hingga kini,pemikirannya tidak usang oleh waktu. Memastikan ilmu adalah warisan terpenting nan luhur, karenanya Kartini berupaya mendorong persamaan hak pendidikan untuk perempuan kala itu.

"Dan menjadi spirit untuk perempuan masa kini untuk terus berkarya,berkontribusi untuk pembangunan nusa dan bangsa. Sekarang,semua perempuan dapat menentukan karirnya dan tetap menjaga perannya sebagai seorang ibu. Selamat Hari Kartini," tulis dia.

Arzeti Bilbina

Photo :
  • dokumen istimewa

Sementara itu, Arzeti Bilbina yang merupakan anggota DPR dari fraksi PKB mengungkap bahwa perempuan itu identik dengan kemandirian, semangat, spirit, sebagai seorang ibu spirit ini cerminan bagi anak-anak kita.  

"Kalau sekarang kita bicara emansipasi wanita adalah kita sebagai perempuan, harus memiliki ilmu pengetahuan, karena dari ilmulah kita bisa jadi perempuan hebat perempuan yang terus mengikuti perkembangan zaman karena di tangan perempuanlah anak-anak yang cerdas," kata Arzeti Bilbina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya