Profil Muzammil Hasballah, Ustaz yang Azan di Pemakaman Eril

Muzammil Hasballah
Sumber :
  • Instagram Muzammil Hasballah

VIVA – Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, telah dimakamkan di area pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin 13 Juni 2022.

Siap Maju di Pilkada Jakarta, Ahmed Zaki Lakukan Ini Untuk Dongkrak Elektabilitas

Proses pemakaman dihadiri oleh ribuan tamu yang turut berduka dengan kepergian Eril akibat tenggelam di Sungai Aare, Swiss. Sebelum jenazah Eril dikebumikan, azan dikumandangkan oleh Ustaz Muzammil Hasballah. Ia adalah seorang hafiz dan qari Alquran yang berasal dari Aceh.

Ustaz yang lahir di Sigli, Nanggroe Aceh Darussalam, ini terkenal dengan suaranya yang merdu saat melantunkan ayat-ayat Alquran. Namanya kian dikenal oleh masyarakat melalui beberapa video yang sering ia bagikan melalui media sosial dan kanal YouTube-nya.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Blak-blakan Tak Minat Maju Pilkada 2024

Muzammil Hasballah memiliki riwayat pendidikan di tempat yang sama dengan almarhum Eril, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). Pria kelahiran 21 September 1993 ini lulus dari jurusan Arsitektur.

Muzammil Hasballah mengazani jenazah Eril

Photo :
  • Youtube Pemprov Jabar
PKB Siapkan Calon Saingan Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat

Muzammil Hasballah juga sering menjadi imam salat di berbagai masjid, salah satunya adalah Masjid Al Lathif Bandung dan Masjid Salman ITB. Ia juga banyak menghadiri acara untuk tampil sebagai qari Alquran.

Selain aktif dalam kegiatan agama, Muzammil juga memiliki bisnis dalam bidang fesyen muslim yang menjual pakaian muslim, parfum, hingga perlengkapan salat.

Muzammil juga aktif di sosial media Instagram dengan jumlah pengikut hingga 4,2 juta. Kanal YouTube-nya, Muzammil Hasballah, kini juga telah memiliki 2,5 juta pengikut dengan 343 video yang diunggah.

Lantunan azan yang dikumandangkan oleh Muzammil Hasballah sangat diapresiasi oleh Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil.

"Lantunan adzan yang begitu indah melepas A Eril. Masya Allah... Merinding," tulis Atalia, dikutip VIVA dari Instagram Story @ataliapr, Selasa 14 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya