Perjalanan Karier Rima Melati di Dunia Hiburan Sebelum Meninggal Dunia

Rima Melati mengenakan busana karya Ramli Logo ads
Rima Melati mengenakan busana karya Ramli
Sumber :
  • Antara/ Teresia May

VIVA Showbiz – Rima Melati atau Marjolien Tambajong meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada hari ini Kamis, 23 Juni 2022. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, aktris senior ini sudah dirawat selama beberapa hari di sana. Sosok Rima Melati di dunia hiburan Tanah Air susah untuk dilupakan karena sampai saat ini kiprahnya di dunia hiburan tak diragukan lagi. Nah, berikut ulasan tentang perjalanan karier Rima Melati yang dirangkum dari berbagai sumber. 

Perjalanan Karier

Rima Melati sudah dikenal sebagai figur publik sejak tahun 1960-an. Wajahnya kerap menghiasi layar kaca sebagai seorang penyanyi dan juga bintang film. Dalam perjalanan kariernya di dunia hiburan selama 5 dekade atau 50 tahun, Rima sudah bermain hampir di 100 judul film. Debut aktingnya dimulai lewat film berjudul Djuara Sepatu Roda tahun 1958. 

Kemampuan aktingnya menjadi sorotan sampai berlanjut membintangi 5 judul film tahun 1961, yaitu Aamor dan Humor, Djantung Hati, Darmawisata, Kasih Tak Sampai, dan Notaris Sulami. Perempuan yang lahir pada 22 Agustus 1939 ini pun mendapatkan prestasi di bidang seni peran melalui penghargaan bergengsi. 

Salah satunya ia pernah mendapatkan Piala Citra 1973 untuk kategori Pemeran Utama Wanita Terbaik dalam film Intan Berduri. Memasuki era tahun 2000-an, Rima tetap mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan sebagai aktris senior. Ia pernah bermain film Cinta Silver (2004), Ungu Violet (2005), Saus Kacang (2008), Satu Jam Saja (2010), sampai Senjakala di Manado (2016).  

Kemahiran aktingnya dalam film berjudul Ungu Violet pun diapresiasi di ajang Festival Film Asia Pasifik ke-50. Rima mendapatkan penghargaan Best Supporting Actress dalam aktingnya untuk film karya Rako Prijanto itu. Selain kariernya yang sukses di dunia hiburan, Rima juga memiliki kehidupan pribadi yang sangat bahagia. 

Dia menikah dengan seorang aktor bernama Frans Tumbuan pada 3 Desember 1973 dan dikaruniai 7 orang anak. Tapi, kisah cinta mereka harus dipisahkan karena maut. Sang aktor meninggal pada 23 Maret 2015 karena diabetes dan kini Rima Melati yang menyusul suami menghadap Sang Pencipta.