Selain Empty Sella Syndrom, Ruben Onsu Juga Alami Hal Ini

Ruben Onsu
Sumber :
  • IG @ruben_onsu

VIVA Showbiz –  Beberapa hari lalu, Ruben Onsu diketahui pergi ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Di sana Ruben mengungkap dirinya menemui spesialis darah untuk mencari tahu kenapa darahnya terus berkurang. Mengingat setiap usai menjalani transfusi darah, Hb-nya mengalami penurunan.

Jordi Onsu Mengaku Sering Minta Maaf dan Mengalah ke Ruben Onsu

"Ke Singapura ke spesialis darah. Jadi kenapa darahnya terus berkurang sementara gusi berdarah enggak ada, mimisan enggak ada, ambeien gak ada, terus kenapa darahnya bisa berkurang ini reproduksinya udah bagus setelah transfusi. Tiap abis transfusi karena ada vitamin yang masuk otomatis makannya banyak. Jadi gak berkurang tapi tetap berkurang darahnya," kata Ruben Onsu mengutip tayangan MOP Channel.

Ruben Onsu

Photo :
  • ist
Bicara Soal Ruben, Jordi Onsu: Tidak Berkomunikasi juga Bukan Sama Aku Doang

Lebih lanjut, dari pemeriksaan di Singapura itu, Ruben diketahui mengidap penyakit lainnya selain Empty Sella Syndrome. Dari pemeriksaan itu diketahui Ruben mengalami penyempitan kromosom di tulang belakangnya sehingga darahnya tidak mengalir dengan baik.

"Jadi ada penyempitan kromosom di tulang belakang jadi sehingga darahnya tidak bisa mengalir dengan baik. Itu makanya tiap hari gue selalu 'besok cerita apalagi buat gue' ya saya ada di tahap dimana untuk ya bisa jalanin itu gak gampang. Tapi sekarang lebih banyak senyum," kata Ruben Onsu.

Berseteru, Ruben Onsu ke Jordi Onsu: Mau ke Mana Pun yang Bakal Nolong Bukan Temen Tapi Saudara!

Diungkap Ruben saat menjalani pemeriksaan di Singapura dirinya juga sempat mengalami rasa takut. Dia bahkan berdoa kepada Tuhan agar bisa kembali pulih.

"Ada takut, enggak semua titik adek gue. udah pasrah, terakhir gue cuman dikasih anastesi terus gak sampai 10 gue udah sepasrah itu pada saat itu gue cuman bilang 'Tuhan tolong saya' pokoknya gue ngantuk berat gue gak sadar. Gue sadar kepala gue diangkat, abis itu gue ga sadar lagi. Sadar-sadar gue udah keluar udah di lorong lagi di tempat tidur. Hasilnya itu (penyempitan kromosom di tulang belakang)," ujar Ruben Onsu.

Ruben Onsu.

Photo :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

Sementara itu, Irfan Hakim juga sempat menyinggung HB Ruben yang menyentuh angka 4. Dimana HB normal pria dewasa di range angka 14-18 g/dL.

"Sampai lo bilang HB lo 4, 5 dan harus drop padahal masih harus meeting sama syuting," kata Irfan Hakim.

"Pertama 4 terus transfusi darah lagi dua minggu kemudian dicek 5 lagi," ujar Ruben.

Irfan juga sempat mengungkap alasan kenapa Ruben Onsu saat itu masih kuat padahal Hbnya yang jauh dibawah normal. Terkait hal itu, Ruben mengaku bahwa dirinya tidak merasa pusing.

"Enggak tahu karena gue gak ngerasa pusing kliyengan lihat orang. Kata dokter harusnya di 7,8 udah blackout. (ini 4,5) gue masih bercanda-canda," ujar Ruben.

"Makanya lo 'dipaksa masuk ICU'?," tanya Irfan Hakim.

"Karena menurut dia 'lo kalau kasih ini lo akan paksa pikiran lo untuk terus bekerja' 'sorry bukannya lo boleh dikunjungi gue mau lo istirahat'," ujar Ruben Onsu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya