Berawal dari Itikaf, Ini Kisah Hijrah Ony Syahrial si Ucil Pemain Tuyul dan Mbak Yul

Ony Syahrial
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Showbiz – Sebagian besar dari kita tentu mengetahui serial kartun Crayon Shinchan yang tayang setiap Minggu pagi. Siapa sangka bahwa dubber di balik tokoh tersebut adalah Ony Syahrial. Ia juga dikenal sebagai Ucil dalam sinetron Tuyul dan Mbak Yul yang sangat populer di masa lalu. 

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Namun kini, Ony Syahrial ternyata mempunyai kisah hijrah yang sangat inspiratif. Perjalanan hijrah seorang Ony Syahrial tentu tidak langsung mulus. Dia beberapa kali menemukan tempat pengajian yang menurutnya tidak sesuai. Ia terus mencari dan menimba ilmu agama. 

"Keuangan udah terpenuhi, tapi kok masih kurang nyaman hati ini, gundah gulana," kata Ony Syahrial yang dikutip dalam tayangan di kanal YouTube Kasisolusi pada 2 Desember 2022. 

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Ony Syahrial

Photo :
  • IG @jendelanostalgia

Berbagai kegiatan coba dilakoni oleh Ony Syahrial ini, salah satunya adalah itikaf. Lebih lanjut, suatu saat dia datang ke sebuah pengajian yang ada di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat. Meski kegiatan ini baru dimulai tengah malam, tak menyurutkan niat Ony Syahrial.

Dapat Kecaman Keras, Presiden Iran Tetap Pertahankan Aturan Hijab yang Ketat

Zikir pun akhirnya terlontar dari bibir seorang Ony Syahrial hingga akhirnya dia tertidur. Ketika bangun, dia mendapati keanehan dari seorang di sebelahnya. Hal ini kemudian membuat Ony Syahrial ragu untuk mengikuti kegiatan dalam pengajian tersebut. 

"Ketiduran, pas bangun tahu-tahu sudah ada yang kejut-kejut sambil zikir, kayak kesetrum. Waduh apa nih? Wah, bukan ini nih yang dicari," lanjut Ony.

Tidak mau menyerah, dia kemudian mencari tempat lain untuk mengikuti pengajian. Tapi, lagi-lagi Ony menemukan sebuah hal yang membuat dirinya ragu. 

"Waktu ke situ ditanya, 'antum angkatan berapa?' 'Hah, emang ada angkatan di sini? Ane nemenin kawan aja, belajar ikut nimbrung'," ungkapnya. 

Satu hal yang semakin membuat Ony Syahrial merasa pengajian kedua ini tidak sesuai dengan keinginannya adalah perkataan sang kiai di tengah-tengah pembahasan pengajian. 

"Kiai ini bilang kita tangguhkan dulu, di sini ada yang belum selevel, ane masih di bawah kan, khawatir enggak diterima kali," lanjut Ony.

Ony Syahrial

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Dari kejadian tersebut, dia mulai memahami apa makna angkatan yang dimaksud oleh sang kiai. Saat itu juga Ony yakin bahwa tempat pengajian tersebut bukan yang sesuai dengan dirinya. 

“Tiap ketemu (ditanya) angkatan berapa? Antum udah naik belum? Ternyata naik level, tarekat. Kayaknya bukan ini juga," tambahnya.

Pencarian Ony Syahrial pun berujung di tempat pengajian berikutnya. Saat itu, dia diajak oleh seorang temannya dan di sana ia menilai adanya perbedaan dengan tempat pengajian sebelum itu. Karena di sana, ia melihat anak muda semua dengan pakaian berbeda. 

Ia akhirnya menemukan tempat pengajian yang sesuai dengan sunnah dan bisa membimbingnya untuk belajar tentang Islam. Mulai dari sholat sampai berwudhu sesuai ajaran Islam, semuanya Ony Syahrial rasakan di sana. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya