Haru Banget, Momen Erina Gudono Minta Izin Langkahi 2 Kakak untuk Menikah

Erina Gudono dan saudara kandung
Sumber :

VIVA Showbiz – Hari bahagia Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sudah di depan mata. Berbagai rangkaian menjelang acara akad dan resepsi pun telah dilakukan oleh kedua calon pengantin.

Edy Rahmayadi Siap Bertarung Lawan Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Pada Jumat 9 Desember 2022, Erina Gudono menjalani upacara sungkeman calon pengantin wanita kepada keluarganya. Dalam kesempatan tersebut, Erina sekaligus meminta izin kepada sang ibunda untuk bisa menikah dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu. Yuk, scroll untuk mengetahui kelanjutan ceritanya.

Pesan tersebut disampaikan oleh Erina Gudono sebelum melakukan prosesi siraman yang berlangsung di kediamannya di Yogyakarta pagi ini.

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

"Erina meminta izin kepada mama untuk menjalani kehidupan berumah tangga bersama Mas Kaesang," kata Erina Gudono sambil menahan tangisnya.

Erina Gudono sungkem dengan sang ibu sebelum siraman

Photo :
  • Tayangan YouTube
Kadiv Propam Polri Apresiasi Rakornis POM TNI-Propam Polri

Sang ibunda pun memberika restunya untuk Erina agar bisa membangun rumah tangga dengan Kaesang Pangarep. Kemudian, Erina harus meminta izin untuk melangkahi kedua kakaknya yang belum menikah.

"Mas Alen dan Mbak Nadiya, Erina mohon maaf karena mendapatkan jodoh terlebih dahulu," katanya.

"Besok, Sabtu 10 Desember Erina akan melaksanakan akad nikah dengan Mas Kaesang Pangarep, mohon doa restu," sambung Erina Gudono.

Finalis Putri Indonesia 2022 itu pun berharap supaya prosesi akan nikah yang digelar besok, 10 Desember 2022, berjalan dengan lancar.

"Semoga akad nikah berjalan lancar seperti harapan kita bersama," tambah Erina.

Kesang Pangarep dan Erina Gudono

Photo :
  • Instagram @kaesangp

Kedua kakak Erina, Alen dan Nadya, lantas memberikan restunya untuk sang adik menikah terlebih dahulu karena sudah bertemu dengan jodohnya.

"Adikku Erina yang Mas Alen sayangi, kakak ikhlas lahir batin. Semua itu sudah menjadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Semoga pernikahan kamu dapat berjalan dengan lancar," kata Alen.

"Adikku Erina yang Mbak Nadya sayangi, kakak ikhlas lahir batin. Semua itu sudah menjadi suratan bahwa kamu mendapatkan jodoh terlebih dahulu. Semoga pernikahan kamu dapat berjalan dengan lancar," tambah Nadya.

Setelah mendapatkan restu dari kedua kakaknya, Erina pun melakukan prosesi sungkeman kepada keluarganya. Suasana haru menyelimuti suasana sebelum prosesi siraman dimulai.

Sebelum prosesi siraman, diawali dengan pemasangan bleketepe atau anyaman yang terbuat dari daun kelapa di depan rumah yang dilakukan oleh kakak laki-laki Erina Gudono yakni Allen Adam Rinaldy Gudono. Prosesi siraman Erina ditayangkan melalui live streaming di YouTube. 

Kakak laki-laki Erina didampingi oleh sang ibu dan kedua saudara perempuannya untuk memasang bleketepe tersebut. Bleketepe sendiri dipakai pada masa lampau untuk meneduh tarub atau area menyambut tamu bagi yang punya hajat.

Erina Gudono

Photo :
  • IG @erinagudono

Selain itu, memiliki doa agar rumah tangga kedua mempelai selalu dalam keteduhan, ketenteraman, kedamaian. Kemudian dilanjutkan dengan memasang tuwuhan yakni pemasangan 'ubo rampe' pelengkap prosesi pernikahan. Tuwuhan dipasang di kanan kiri pintu masuk kediaman mempelai.

Usai melakukan pemasangan bleketepe, dilanjutkan dengan prosesi cethik geni dan adang sepisan oleh kakak laki-laki Erina dan ibunya. Keduanya menanak nasi dan menyalakan api untuk membakar kayu sebagai sebuah simbolis. Prosesi ini dilakukan karena Erina merupakan anak yang pertama menikah dalam keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya