Momen Haru Saat Siraman, Kaesang: Kelilipan Bukan Nangis

Prosesi siraman Kaesang Pangarep jelang pernikahan
Sumber :
  • Laily Rachev

VIVA Showbiz – Jelang akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan sang kekasih, Erina Gudono diikuti serangkaian prosesi. Salah satunya prosesi siraman yang telah dilaksanakan di kediaman kedua calon mempelai masing-masing pada pagi hari ini, Jumat 9 Desember 2022.

Terpopuler: Jukir Liar Depan Istiqlal Ditangkap, Aturan Baru Jokowi BPJS Pengganti Kelas 1,2 dan 3

Prosesi siraman Kaesang sendiri digelar di kediaman Presiden Jokowi, di Solo. Nampak seluruh keluarga hadir dengan suasana hangat dan memakai pakaian berwarna seragam. Pink fuchia menjadi warna seragam yang dipakai oleh Kaesang serta seluruh anggota keluarga.

Ibu Iriana Jokowi sendiri memakai kebaya yang serupa dengan putrinya, Kahiyang dan cucu perempuannya, Sedah Mirah. Dari potret yang diunggah akun @Kaesangerina, nampak kebaya yang digunakan berwarna abu kebiruan dengan motif bunga mekar berwarna pink fuschia.

Ada Presiden Jokowi hingga Maliq & D'Essentials, CFD Bundaran HI Penuh Sesak Hari Ini

Kaesang Pangarep lakukan siraman

Photo :
  • Twitter @jokowi

Sementara itu, Presiden Jokowi menantunya, Bobby Nasution, memakai beskap berwarna pink fuchia disertai blangkon dan kain cokelat motif batik. Di satu momen, terlihat Kaesang telah membuka beskapnya dan hanya memakai kain cokelat serta selendang berwarna hitam abu.

Pamer Foto USG di Depan Ka'bah, Kaesang Umumkan Erina Gudono Hamil

Kaesang tengah bersimpuh di depan kedua orangtuanya yang duduk di kursi. Sembari membelakangi kamera, Kaesang memeluk ibundanya dan dibalas dengan pelukan hangat ibu Iriana. Nampak ekspresi ibu Iriana begitu terharu melepas putra bungsunya untuk menikah.

"Prosesi siraman kaesang bersama bapak jokowi," tulis akun itu.

Di momen lain, potret haru juga nampak dari unggah instagram story milik kerabat Kaesang, Adityorimbo. Akun itu memotret momen tangkapan layar real time saat wajah Kaesang disorot. Meski tak terlihat jelas bagian wajahnya, nampak tangan Kaesang menyingkap bagian mata kanannya.

"Lg pisan ndelok nangis, wkwk lancar2 mas," tulis akun itu.

Alih-alih meng-amin-i, Kaesang justru membalas dengan candaan. Kaesang berdalih bahwa itu bukanlah tangisan melainkan ada sesuatu yang menghalangi matanya.

Kaesang Pangarep lakukan sungkeman

Photo :
  • Twitter @jokowi

"Itu kelilipan bukan nangis," tegasnya.

Sebelumnya diberitakan, prosesi siraman jelang pernikahan Kaesang di kediaman Presiden Jokowi di Sumber, Solo berlangsung dengan haru. Kaesang Pangarep, sang calon manten pria mewek saat melakukan sungkeman kepada Jokowi dan sang ibu, Iriana. 

Sesuai dengan adat, prosesi siraman dilakukan usai pemasangan bleketepe. Siraman dilakukan diawali dengan sungkeman calon manten kepada orangtua. Siraman ini dilakukan secara tertutup dengan tamu terbatas, yakni keluarga dan kerabat.

Selain itu ada juga beberapa menteri yang hadir di antaranya Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pertahanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agraria dan Tata Ruan Hadi Tjahjanto dan lainnya. Setelah prosesi siraman selesai, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, calon mempelai pria Kaesang Pangarep dan Bobby Nasution langsung menggelar konferensi pers di depan kediamannya yang beralamat di Jalan Kutai Utara, Sumber, Banjarsari, Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya