Butet Kartaredjasa: Pernikahan Kaesang-Erina Jadi Inspirasi Hentikan Konflik Antaretnis

Seniman Butet kartaredjasa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA Showbiz – Seniman asal Yogyakarta, Butet Kartaredjasa mengatakan bahwa pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono merupakan sebuah inspirasi untuk menghentikan adanya konflik antar etnis.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Aktor 61 tahun itu menilai pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo itu merupakan salah satu gerbang Indonesia yang majemuk dan penuh dengan toleransi.

teater gandrik / Butet Kartaredjasa

Photo :
  • dok pribadi
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

“ini suatu inspirasi untuk kita segera menghentikan konflik-konflik antar etnik. Sunda, Padjajaran, Jawa, Jawa timur, Jogja dengan Solo, Madura dengan Dayak. Ini merupakan satu inspirasi,” ujar Butet kepada awak media di Pendopo Royal Agung Ambarukmo.

Menurutnya pernikahan Kaesang-Erina merupakan pondasi untuk menuju Indonesia yang lebih majemuk dan penuh toleransi “Jadi hentikan seluruh problem masa lalu yang bertegangan, gak ada lagi ketegangan seperti itu,” tambahnya

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Lebih lanjut, Butet berharap kedua pasangan yang baru menikah pada 11 Desember kemarin itu dapat menjalankan bahtera rumah tangga tanpa ada kendala apalagi sampai harus berpisah.

“Nasehat saya cukup dua kata, dalam Bahasa Jawa, ojo pegatan, kalau dalam Bahasa Indonesia artinya ‘jangan bercerai’,” jelasnya

“Kasihan yang njagong (kondangan), sudah nunggu lama, ujung-ujungnya bercerai, itu namanya mbelgedes (omong kosong). Jadi buat saya, konsisten, ojo pegatan, jangan bercerai. Itu aja,” tegasnya

Sebagai informasi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah melaksanakan akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman Yogyakarta pada Sabtu 10 Desember 2022.

Esok harinya kedua pengantin melangsungkan acara ngunduh mantu di Loji Gandrung, Solo kemudian acara dilanjutkan dengan kirab pengantin menuju Pura Mangkunegaran Minggu 11 Desember 2022.

Butet Kartaredjasa

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya