Pakar Bongkar Fakta Mengejutkan Soal Hidung Venna Melindah Berdarah, Bukan Luka Baru?

Venna Melinda
Sumber :
  • IG @vennamelindareal

VIVA Showbiz – Beberapa waktu lalu beredar sebuah foto Venna Melinda berlumuran darah. Foto tersebut diduga sebagai dampak dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh Ferry Irawan. Akibat perlakuan kasar tersebut, Venna Melinda melaporkan Ferry Irawan ke Polda Jatim dengan dugaan KDRT. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Polda Jatim pun saat ini sudah menetapkan Ferry Irawan sebagai tersangka kasus dugaan KDRT yang menimpa Venna Melinda. Menurut Venna Melinda, awal kasus tersebut terjadi karena ada keributan masalah ranjang dengan Ferry Irawan di sebuah kamar hotel di Kediri. Untuk lebih jelasnya, simak fakta-fakta pakar telematika soal foto Venna Melinda. 

Fotonya Hanya Satu

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Pakar telematika, Abimanyu Wachjoewidajat

Photo :
  • Istimewa

Venna Melinda mengaku mendapat luka di hidung sampai berdarah, seperti dalam foto yang beredar di media sosial. Tapi, pakar telematika Abimanyu menemukan sejumlah kejanggalan dalam foto tersebut. Dia menegaskan, dia tidak mengomentari orang yang ada dalam foto melainkan foto yang banyak beredar. 

Serius Berpolitik, Verrell Bramasta Mau Belajar ke Inggris Dulu Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPR

"Apabila bukti foto ini dijadikan sebagai bukti andalan untuk dijadikan pelaporan kepada polisi, ini bagi saya malah aneh. Kenapa? Karena bukti fotonya kenapa cuma satu? Normalnya seseorang saat mengalami KDRT gak mungkin cuma satu tapi ada beberapa angle dia akan fotoin," kata Abimanyu di Youtube Cumicumi, dikutip VIVA, Jumat 13 Januari 2023. 

"Karena yang bersangkutan selfie, beda kalo di-capture. Seseorang lagi jalan kemudian dia mengalami sesuatu maka bukti cuma satu wajar. Tapi saat dilakukan saat selfie, harusnya banyak buktinya, kenapa cuma satu? Itu udah pertanyaan besar," sambungnya. 

Merasa Bukan Luka Baru

Venna Melinda

Photo :
  • Instagram @vennamelindareal

Abimanyu mengatakan bahwa ada tiga jalur darah dalam luka yang dialami Venna Melinda. Darah yang di sebelah kanan bersifat tetesan lepasan, bukan sapuan, dan satu tetesan dari atas. Lebih lanjut, dia juga menyoroti soal bercak darah di baju Venna Melinda yang tampak sudah mengering. 

"Sementara di atas itu tidak ada darah, tidak ada bekas sapuan darah, darah yang menetes ini dari mana? Kemudian ada juga bercak darahnya di baju, tetapi yang di baju itu darah yang sudah seperti mengering," imbuhnya.

Menurut Abimanyu, bercak darah pada baju tersebut telah beberapa lama meresap. Dia juga memberikan penjelasan bahwa hal tersebut memperlihatkan bahwa bercak darah tersebut seperti bukan luka baru. Dia pun merasa ada hal aneh dalam foto tersebut. 

"Udah beberapa lama karena sudah meresap. Kalau di sini lukanya masih luka baru. Darah di sini kayak sudah meresap, jadi ada yang aneh," tuturnya.

Tidak Mengalami Pukulan

Ferry Irawan dan Venna Melinda

Photo :
  • Instagram @ferryirawanreal

Abimanyu menegaskan bahwa dirinya bukan mempertanyakan bukti wajah atau secara fisiknya, apalagi dari sisi medis dan kedokteran. Tapi, dia melihat dari sudut pandang bukti digital yang dia coba perbesar dan analisa. 

"Saya coba zoom, saya coba analisa, tidak ketemu, tidak kelihatan bahwa yang bersangkutan mengalami pukulan. Kalo ada pukulan harusnya keliatan, ada bukti lebamnya di satu sisi, kemudian ada bukti luka-lukanya," ungkap dia. 

"Kedua ada sedikit memar itu di sebelah kanan, bukan kiri. Kalau memar tersebut di sebelah kanan, kenapa yang keluar mimis itu di sebelah kiri. Ini luka macam apa yang bisa mutar balik dari belakang tulang. Ini jadi suatu pertanyaan. Dan luka tersebut belum jelas apakah luka beneran ataukah itu suatu rona merah saja. Kalau saya lihat sih sebagai suatu semburat, bukan luka pukulan. Luka pukulan sama semburat itu lain," bebernya.

Bukan Karena Pukulan

Venna Melinda

Photo :
  • Instagram

Di sisi lain, dalam dokumentasi berbeda, seorang pakar regenerasi sel, yaitu Prof. Dr. Dede Supriyatna juga memberikan penjelasan secara medis. Menurut Dede Supriyatna, darah tersebut bukan ditimbulkan oleh pukulan keras. 

“Kalau saya memandangnya dalam segi medis ya, ilmu kedokteran. Kalau terpaan ini karena pukulan, ini ada beberapa bagian dari tulang-tulang. Tulang hidung, tulang pipi, ini tidak tampak adanya sesuatu yang terpukul dengan keras," jelasnya.

Bisa Disebabkan oleh Trauma 

Venna Melinda.

Photo :
  • Instagram @vennamelindareal

Dede Supriyatna juga mengatakan bahwa darah di area hidung Venna bisa diakibatkan oleh trauma. Hal ini mengingat dalam hidung seseorang ada banyak pembuluh darah dan bersifat sensitif. Sehingga dia menilai, darah ini bisa tiba-tiba keluar saat Venna dan Ferry cekcok. 

Tapi ini bisa disebabkan oleh trauma lokal, di dalam hidung banyak pembuluh darah ya. Pembuluh darah yang sangat banyak sekali, sensitif. Jadi mungkin pada saat mereka cekcok, mereka ribut, itu spontanitas bisa keluar darah yang banyak," sambungnya.

"Mungkin karena dia teriak atau gimana kan, stres, pecahlah pembuluh. Jadi kalau pukulan itu lain, keluar darahnya pun akan berbeda," tutup Prof. Dr. Dede Supriyatna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya