Heboh Pengakuan Kang Ji Sub Soal Sekte Sesat JMS, Masih Jadi Anggota?

Kang Ji Sub
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA Showbiz –  Kisah nyata yang diangkat dalam serial dokumenter Netflix berjudul In The Name of God: A Holy Betrayal masih terus menggemparkan Korea Selatan. Pasalnya, sejak skandal dalam kultus sesat yang dipimpin oleh Jung Myeong Seok (JMS) terungkap, bermunculan beberapa tokoh publik yang ternyata menjadi anggotanya.

Viral Sekelompok Bule Lakukan Sekte Sesat di Bali

Terbaru, aktor Kang Ji Sub mengaku telah menjadi bagian dari kultus JMS. Melalui unggahan yang sekarang sudah dihapus, dia mengaku mengira itu adalah gereja biasa dan mengakui pernah pergi ke sana sebelum mengetahui tentang kejahatannya. Scroll lebih lanjut ya.

"Halo, ini Kang Ji Sub. Saya memposting ini sambil berharap tidak ada orang lain yang menjadi korban [JMS]. Pada satu titik, ketika saya sedang bergumul, saya pergi ke suatu tempat untuk berdoa dan bekerja untuk diri saya sendiri," kata Kang Ji Sub, melansir Koreaboo, Senin 13 Maret 2033.

Viral Ucapan Gus Samsudin: Konten Tukar Pasangan Itu Dakwah, Saya Senang di Penjara

Ketika datang ke gereja itu, Kang Ji Sub menyadari bahwa ajaran di sana sangat jauh dari apa yang ia ketahui secara spiritual. Ia menjadi anggota di gereja itu sebelum mengetahui adanya hal-hal menjijikan yang dilakukan oleh pemimpinnya.

Profil Gus Samsudin, Dalang Video Konten Aliran Sesat Tukar Pasangan

"Saya pergi bahkan sebelum saya mengetahui tentang hal-hal menjijikkan yang terjadi. Setelah mengetahui tentang perilaku setan mereka, aku menjadi khawatir terhadap orang-orang yang pernah kukenal di sana," tambahnya.

Kang Ji Sub merasa sebagai korban kultus tersebut sehingga ia memahami kekhawatiran banyak orang yang pernah terlibat di dalamnya. Ia pun berharap tidak ada banyak korban lagi yang disebabkan dari ajaran sesat JMS.

In the Name of God: A Holy Betrayal.

Photo :
  • Netflix.

"Saya benar-benar tidak ingin orang lain terluka. Dan saya akan mencoba yang terbaik untuk menghibur para korban lainnya, jika memungkinkan, dengan cara apa pun," katanya.

Sejak statusnya sebagai mantan anggota JMS diketahui publik, Kang Ji Sub dan keluarganya mendapatkan banyak komentar kebencian. Ia memohon agar netizen berhenti menyerang dirinya dan keluarga karena dapat menyebabkan mereka merasa lebih trauma

"Saya mendapat banyak kebencian dan komentar jahat tentang keluarga saya karena hal-hal yang saya katakan dalam wawancara sebelumnya, terlepas dari bagaimana perasaan saya sebenarnya. Dan itu menghancurkan hatiku. Tolong hentikan, karena ini bisa membuat korban trauma lagi. Dan, dengan ketulusan hati saya, saya berjanji untuk berani maju sebagai aktor dan anggota masyarakat," ujarnya.

Terlepas dari pengakuannya yang tulus, banyak netizen yang tetap curiga. Netizen telah mengungkap postingan dan wawancara masa lalunya yang menimbulkan keraguan bahwa Kang Ji Sub benar-benar tidak tahu tentang latar belakang gereja tersebut.

Ajaran sesat di Korea Selatan oleh pendeta Kim Myung Jin

Photo :
  • Koreaboo.com

Agensinya menyatakan sebagai tanggapan atas tuduhan bahwa mereka tidak dapat menghubungi Kang Ji Sub. Pihak agensi tahu dia adalah seorang Kristen tetapi tidak dapat memastikan apakah dia adalah pengikut JMS. Agensi kemudian menambahkan bahwa Kang Ji Sub meninggalkan gereja JMS 4-5 tahun yang lalu.

Netizen percaya, dia masih berada di gereja sampai saat ini. Selama acara yang ditayangkan pada Desember 2022 lalu, Kang Ji Sub menunjukkan kepada pemirsa walk-in closet-nya. Di lemari pakaiannya itu terpampang dengan jelas potret Yesus yang mencurigakan adalah bahwa variasi Yesus itu khusus untuk JMS. Anggota kultus JMS menyukai potret yang memiliki tampilan unik seolah-olah Yesus dibumbui oleh filter kecantikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya