5 Penyanyi Dangdut yang Sempat Dicekal Karena Goyangannya Terlalu Berani

Inul Daratista.
Sumber :
  • Instagram @inul.d

VIVA Showbiz – Dangdut adalah genre musik yang populer di Indonesia, banyak masyarakat yang menyukai genre musik dangdut dan kini bermunculan penyanyi dangdut pendatang baru. Dangdut sendiri memiliki ciri khas dalam musiknya yaitu adanya dentuman dari alat musik bernama tabla dan gendang. 

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Dangdut memang banyak dipengaruhi oleh lagu tradisional India dan Bollywood. Perkembangan musik ini di Indonesia cukup pesat dengan kehadiran banyak penyanyi dan membuat ciri khasnya masing-masing. Namun, ada beberapa penyanyi yang dicekal karena memiliki goyangan terlalu berani, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Uut Permatasari

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

Pedangdut Uut Permatasari

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Uut Permatasari adalah perempuan kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur. Uut disebut memiliki goyang ngecor. Namun, goyangan tersebut tampak sangat hot jika ditampilkan di atas panggung. Di masa lalu, penampilannya Uut sempat dicekal sehingga menghambat kariernya. Oleh karena itu, dia secara bertahap mulai mengubah penampilan dan gaya bernyanyinya. 

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

2. Dewi Perssik

Dewi Persik

Photo :
  • Instagram Dewi Persik

Selain itu, pedangdut kelahiran Jember, Jawa Timur yang dikenal sebagai Depe juga sempat dicekal. Depe sering tampil dalam berbagai acara hiburan dengan aksinya yang kontroversial. Salah satu kontroversinya adalah goyangan yang dia miliki.

Depe memiliki goyangan yang unik bernama goyang gergaji. Pada waktu itu, Depe dilarang tampil di beberapa kota, yaitu di Tangerang, Banten dan Kota Bandung. Namun dengan cara ini, Depe masih bisa bertahan, dan masih sangat populer di industri hiburan.

Zaskia Gotik

Photo :
  • IG @zaskia_gotix

Selanjutnya, pedangdut satu ini juga memiliki wajah cantik, yaitu Zaskia Gotik. Zaskia menjadi pedangdut yang dicekal oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kerangka Kerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pada tahun 2014.

Larangan itu berdasarkan goyangan khas Zaskia yang bernama goyang itik dan dianggap mengundang syahwat. Zaskia, yang menanggapi hal tersebut mengaku tenang dan terus bekerja di dunia hiburan.

Annisa Bahar

Photo :
  • Putri Dwi/VIVA

Penyanyi dangdut senior yang memiliki wajahnya cantik, Annisa Bahar juga sempat dicekal. Annisa dikenal karena goyangannya yang khas, bernama goyang patah-patah. Karena goyangannya yang panas, Anisa dilarang muncul dalam beberapa panggung.

Inul Daratista

Photo :
  • IG @inul.d

Terakhir adalah Inul Daratista yang juga merupakan pedangdut senior. Sekitar tahun 2000-an, Inul menunjukkan nama goyangan yang unik, goyang ngebor. Goyangannya ini telah menjadi perbincangan di Indonesia. Selain itu, beberapa tahun kemudian, ia berselisih dengan Rhoma Irama.

Rhoma Irama yang dijuluki sebagai Raja Dangdut tidak menyukai goyangan yang diperlihatkan Inul saat manggung karena dirasa terlalu berani. Goyangan khas Inul itu dianggap mengundang dampak negatif dan berbau pornografi serta merendahkan pamor dangdut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya