Kalut saat Anak Asma, Zaskia Mecca: Tiap Dirawat Tak Lebih Murah Dari Rp60 Juta

Zaskia Adya Mecca dan Anak Ketiganya, Bhai Kaba
Sumber :
  • IG @zaskiadyamecca

VIVA Showbiz – Artis Zaskia Adya Mecca mengungkapkan perjuangannya dalam mengasuh anak-anaknya yang mengalami asma. Dari enam anak yang dilahirkannya bersama Hanung Bramantyo, Zaskia Adya Mecca mengaku lima diantaranya mengidap asma yang cukup membuatnya kalut.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

"Melihat riwayat dan perjalanan, 5 anak asma," ucap pemain film Ayat Ayat Cinta ini, saat Webinar, Rabu 10 Mei 2023. Scroll lebih lanjut ya.

Artis berusia 35 tahun ini mengaku sempat merasa kelelahan dengan keluhan kelima anaknya yang asma. Ditambah sang suami, Hanung Bramantyo, yang juga mengidap asma membuat Zaskia merasa lebih sesak dibanding mereka yang mengidapnya.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

"Aku enggak ada asma tapi rasanya lebih sesak dari mereka," katanya.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Rasa lelah itu, diakui Zaskia, memuncak saat anak ketiganya, Bhai Kaba, harus dirawat di ruang intensif unit atau ICU. Hal itu terjadi akibat Kaba menderita pneumonia sehingga asmanya semakin berat dan membuat Zaskia kalut ketika membawa mobil menuju ke rumah sakit lantaran saturasi oksigen semakin menurun.

"Puncaknya kemarin anak ketiga ada serangan asma dan pneumonia yang buat saturasi nggak naik. Udah di nebu, suntik, tetap nggak naik. Di UGD udah 1 hari, 15 jam akhirnya pindah ke ICU. Anak aku Kaba udah 4 kali opname, setiap dirawat tidak pernah lebih murah dari Rp 60 juta," tuturnya.

Anak Hanung Bramantyo masuk UGD.

Photo :
  • Instagram

Selain biaya rawat yang fantastis, tentu Zaskia Mecca juga memikirkan dampak asma pada masa pendidikan anak-anaknya yang masih di tahap tumbuh kembang. Sebab, Kaba kerap hanya masuk beberapa hari dan mendadak mengalami serangan asma hingga harus absen sekolah.

"Selain biaya, sekolah juga, dia masuk 2 hari, nggak masuk lagi. Libur panjang sehat, masuk sekolah sesak, sampai sekarang belum masuk (sekolah lagi). Aku jadi takut masukin sekolah," tambahnya.

Pengalamannya itu membuat Zaskia Adya Mecca kerap merasa, mengasuh anak-anaknya yang asma ketika diobati lebih sulit daripada mencegah. Ia pun berharap agar anak-anaknya mampu menjadi tenaga medis agar dapat mempelajari soal asma yang kelak membantu pasien terkait gejala sesak napas.

Keluarga Hanung Bramantyo dan Zaskia Adya Mecca.

Photo :
  • Instagram @zaskiadyamecca

"Pas punya anak dan harus ngurus 6 anak, ternyata 5 anak asma. Aku bilang ke anak aku, dari kalian harus ada yang jadi dokter paru anak ya," katanya.

Sebelumnya, Putra Hanung dan Zaskia yakni Bhai Kaba Bramantyo masuk ruang ICU karena mengidap sakit bronkitis. Hal ini dikabarkan oleh Hanung Bramantyo melalui unggahan di akun Instagramnya. Hanung mengunggah video yang menampilkan Bhai Kaba tengah berbaring di ranjang dan dibawa oleh perawat ke ruang ICU. Saturasi Kaba tidak kunjung membaik sampai akhirnya dibawa ke ruang ICU agar mudah dipantau. Hanung memanjatkan doa dan pertolongan kepada Tuhan untuk kesembuhan anaknya itu.

"Setelah diagnosa dokter, @bhaikaba terkena Bronchitis. Sampai jam 2 pagi ini, saturasi tak kunjung naik. Kaba lalu dipindahkan ke ICU agar mudah di monitor. God, help us. Help Kaba," tulis Hanung Bramantyo dikutip VIVA, Kamis, 16 Februari 2023. 

Melalui unggahan di Instagram pribadinya pada hari ini, Hanung mengabarkan kondisi kesehatan Kaba sudah membaik dan sudah lolos dari ruang ICU.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya