Posan Tobing Larang Band Kotak Nyanyikan Lagu Ciptaannya

Posan Tobing
Sumber :
  • IG @posantobing

Jakarta – Haposan Harianto atau yang lebih dikenal dengan Posan Tobing membawa kabar mengejutkan. Mantan personel band Kotak itu memberikan somasi terbuka kepada Tantri dan kawan-kawan untuk berhenti membawakan lagu-lagu ciptaannya. 

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Beberapa lagu yang diciptakan oleh Posan Tobing di antaranya adalah 'Pelan-Pelan Saja', 'Masih Cinta' hingga 'Cinta Jangan Pergi' yang masih sering dinyanyikan oleh Tantri dan kawan-kawan di berbagai acara musik.

Band KOTAK di kantor VIVA

Photo :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar
Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Seperti diketahui, Posan Tobing diketahui memutuskan hengkang dari band yang telah membesarkan namanya itu pada Maret 2011 setelah 7 tahun bekerja sama. Posan Tobing saat itu mengaku sakit hati dengan pihak manajemen Kotak sehingga ia tidak bisa meneruskan pekerjaannya.

Kini, Posan Tobing didampingi oleh kuasa hukumnya mengumumkan bahwa pihaknya resmi mensomasi band Kotak. Ia melarang keras band tersebut menyanyikan lagu ciptaannya, baik yang ia ciptakan sendiri maupun diciptakan bersama-sama. Hal itu bersinggungan dengan dugaan pelanggaran Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

"Somasi terbuka atau teguran keras yang kami berikan kepada, pertama Mario Marcela Handika Putra, yang kedua, Tantri Syalindri Ichlasari, yang ketiga Swasti Sabdastantri, yang keempat manajemen Kotak Band," ujar sang kuasa hukum dari Kantor Hukum Gindo L. Tobing & Partners, di Jakarta, Jumat 7 Juli 2023.

"Untuk tidak lagi membawakan dan menyanyikan lagu yang diciptakan Posan Tobing baik yang diciptakan sendiri maupun bersama-sama," sambungnya.

Posan Tobing tidak lagi mengizinkan mantan bandnya itu menyanyikan lagu yang ia tulis saat manggung di manapun dan kapanpun. Apalagi, jika penampilan tersebut membawa keuntungan bagi band.

"Bersama-sama kami melarang untuk itu dinyanyikan oleh mereka bertiga di manapun dan kapanpun untuk mendapatkan atau tidak mendapatkan nilai ekonomi. Dalam bahasa kita adalah bisnis yang menguntungkan," tegasnya.

Posan

Photo :
  • Mohammad Yudha Prasetya/VIVA.co.id

Pada tahun lalu, di sebuah acara televisi, Posan Tobing mengungkapkan alasan kenapa dirinya baru bersuara setelah 11 tahun berdiam. Posan bersuara karena merasa tersinggung dan kecewa dengan pernyataan band Kotak saat diwawancarai mengenai alasan tidak menambah personel baru.

“Saya ingin memperjuangkan hak saya terutama yang paling penting saya ingin memperjuangkan harga diri saya. Saya ingin membenarkan sejarah perjuangannya Kotak,” kata Posan Tobing dikutip VIVA dari tayangan YouTube, Kamis, 13 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya