Digugat karena Lagu Cinderella, Ian Kasela Ngaku Sudah Beli Seharga Rp2,5 Juta

Ian Kasela
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ichsan Suhendra

JAKARTA – Pihak Ian Kasela akhirnya merespons laporan dari Rival Achmad Labbaika atau yang akrab disapa Ipay atas dugaan pemalsuan tanda tangan dalam surat pengalihan hak cipta lagu Cinderella pada 2010 silam.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

Diwakili oleh sang pengacara yakni Sunan Kalijaga, pihak Ian Kasela tetap teguh pada keyakinannya yakni telah mendapatkan izin resmi untuk membawakan lagu tersebut bersama Radja di atas panggung.

Band Radja.

Photo :
  • Instagram @radjabandofficial
Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

"Pada surat yang sudah kami teliti dan kami lihat, 2010 itu peralihan hak khusus lagu Cinderella sudah terjadi," kata pengacara Sunan Kalijaga di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat 1 September 2023.

Sebagai bukti bahwa lagu tersebut sudah dimiliki oleh Radja, pihak Ian Kasela menyebutkan adanya transaksi pembayaran hak cipta lagu itu sebesar Rp2,5 juta. Menurut sang pengacara, Ipay juga mengetahui transaksi lagu tersebut.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

"Di situ ada transaksional," kata Sunan Kalijaga.

Bahkan, bersamaan dengan transaksi itu Ian Kasela dan Ipay sudah sepakat soal beberapa poin yang menyangkut hak masing-masing atas lagu Cinderella.

"Di surat perjanjian itu jelas ada hak-haknya sejauh mana," kata Sunan Kalijaga.

Maka dari itu, pengacara Ian Kasela lainnya yang bernama Agustinus Nahak, menyarankan agar Ipay berhenti menggiring opini negatif publik seolah Ian Kasela sudah mencuri lagu Cinderella darinya.

Ian Kasela

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

"Jangan terjadi opini-opini yang menyesatkan," kata Agustinus Nahak.

Seperti diketahui, Ipay beberapa waktu lalu membeberkan bahwa ia tidak pernah memberikan izin kepada Ian Kasela dan band Radja untuk membawakan lagu ciptaannya lagi. Namun, Ian Kasela justru membantah telah mengambil lagu tersebut darinya karena merasa telah mendapatkan izin resmi.

Ian Kasela mengaku punya bukti surat kesepakatan pengalihan hak cipta dari Ipay untuk mengkomersilkan lagu itu sejak 2010. Sementara itu, Ipay justru mengakui hal yang sebaliknya.

Sebagai Informasi, ada dua kesalahan Ian Kasela yang akan dilaporkan oleh Ipay kepada pihak berwajib. Pertama adalah soal dugaan pemalsuan surat pernyataan. Ipay menduga Ian Kasela telah melontarkan hal palsu dalam pernyataannya kepada publik terkait surat perjanjian lagu Cinderella. Ipay juga akan menuntut Ian Kasela yang masih membawakan lagu Cinderella di atas panggung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya