Namanya Sering Bikin Salah Paham, Christine Hakim Tegaskan Sudah Muslim sejak Kecil

Christine Hakim
Sumber :
  • IG @christinehakimofficial

JAKARTA – Keyakinan artis senior Christine Hakim sering kali menjadi pertanyaan publik. Pasalnya, jika dilihat dari namanya saja maka banyak orang yang mengira bahwa Christine Hakim beragama Kristen. Tidak sedikit juga yang mengira Christine Hakim merupakan seorang mualaf.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Padahal, aktris yang lahir di Jambi itu sudah beragama Islam sejak lahir. Ia tumbuh di keluarga yang sangat disiplin soal pendidikan sekolah maupun ilmu agama. Christine Hakim juga sudah disiplin untuk belajar mengaji sejak kecil. Orang tuanya bahkan memanggil seorang guru ngaji untuk mengajarkannya ilmu agama Islam. Scroll lebih lanjut ya.

"Dari kecil udah diajarin ngaji. Saya paling tertib ngajinya. Orang tua udah panggilkan guru ngaji seminggu dua kali," kata Christine Hakim, melansir YouTube Denny Sumargo, Kamis 21 September 2023.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Sementara dari segi akademis, Christine Hakim adalah tipe orang yang sangat suka dengan angka. Dari kecil ia sangat suka dengan pelajaran matematika daripada ilmu-ilmu sosial. Ia pun sempat terpikirkan untuk bersekolah di salah satu sekolah Kristen karena melihat betapa disiplinnya murid-murid di sana. Ibunda Christine Hakim pun terkejut karena ia minta sekolah di sekolah swasta Kristen padahal seorang muslim.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Saking disiplinnya, Christine Hakim sudah terbiasa dengan aktivitasnya setiap hari. Tanpa disuruh pun, Christine sewaktu kecil bisa memenuhi jadwal belajar mengaji di dekat rumahnya untuk belajar agama. Di situ, ia diajarkan oleh seorang ustadz tentang cara membaca Al Quran.

"Pulang sekolah jam 12, makan gitu ya, bikin pekerjaan rumah. Jam 3 saya ke madrasah memperdalam ilmu agama sampai jam 5," kata Christine Hakim.

"Jam 6 sholat maghrib ke sebrang jalan ada pak haji yang ngajari untuk baca Al Qur'an untuk memperlancar," tambahnya.

Christine Hakim

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Di samping pengalaman Christine Hakim belajar agama sejak kecil, ia sering kali disalahphami sebagai umat nasrani karena namanya. Christine Hakim pun mengungkapkan pemberian namanya itu karena ia lahir bertepatan dengan Hari Natal.

"Karena saya lahir di hari natal, 25 Desember," ujar Christine Hakim.

Saat ia lahir di Jambi pada tahun 1956 itu, ada seorang dokter dari Jerman yang membantu ibunya melahirkan. Dokter tersebut diduga merupakan seorang misionaris sehingga orang tua Christine Hakim sangat menghormatinya.

Ketika ia lahir, dokter tersebut memberikan saran nama Christine kepada orang tua sang aktris. Padahal, awalnya ia hendak diberi nama Natalia.

"Padahal sudah dikasih nama Natalia terus ya dokter itu kasih nama Christine," ujat Christine Hakim.

"Makanya, jadi tetap itu dipakai untuk menghormati dokter yang membantu kelahiran ibu," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya