5 Artis Indonesia yang Memiliki Garis Keturunan Yahudi

Ahmad Dhani di podcast Deddy Corbuzier
Sumber :
  • Youtube Deddy Corbuzier

Jakarta – Tak banyak yang tahu bahwa ada sejumlah artis Indonesia yang memiliki garis keturunan dari Yahudi atau Israel. Hal ini mungkin saja karena mereka jarang mengungkapkan latar belakang yang sebenarnya dan dari mana mereka berasal karena hal tersebut adalah urusan pribadinya. 

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Meski begitu, sederet artis Tanah Air ini diketahui memiliki darah Yahudi. Menariknya, tak sedikit dari mereka memilih untuk pindah keyakinan dengan agama yang diakui di Indonesia. Keputusan ini dipilih dengan berbagai pertimbangan, salah satunya adalah pasangan hidup. 

1. Mariana Renata

Pejabat Israel dan Mesir Bertemu Diam-diam, Bahas Operasi Militer di Rafah

Mariana Renata

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Mariana Renata adalah salah seorang artis yang memiliki darah Yahudi dan memutuskan untuk pindah agama Katolik. Perempuan berdarah Prancis-Indonesia itu ternyata sempat tinggal selama 6 tahun di Zimbabwe. Setelah itu ia kembali ke Prancis dan tidak lama kemudian balik ke Indonesia untuk menempuh pendidikan di Jakarta. 

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

2. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Photo :
  • IG @ahmaddhaniofficial

Tampaknya silsilah keluarga Ahmad Dhani yang memiliki keturunan Yahudi sudah bukan rahasia lagi. Sang kakek yang bernama Jan Pieter Friederich Kohler adalah pria keturunan Yahudi Ashkenazi dan diketahui kelahiran Hindia Belanda. Kohler memiliki anak yang bernama Joyce Theresia Pamela Kohler. Wanita ini tak lain ibunda dari Ahmad Dhani. 

Sophia Latjuba.

Photo :
  • Instagram @sophia_latjuba88

Sophia Latjuba diketahui memiliki darah keturunan yang sangat beragam. Dia sempat mengungkapkan silsilah keluarga yang cukup bervariasi. Misalnya sang ayah diketahui memiliki darah Bugis, Arab, dan Banyuwangi. Sementara ibu kandungnya berdarah Jerman, Austria, Jugoslavia, Hungaria, dan Yahudi. 

Orang tua sang artis juga menganut agama yang berbeda. Ketika berusia 10 tahun, Sophia sempat diminta untuk memilih agama yang akan dianut. Dengan berbagai pertimbangan, ia akhirnya menjatuhkan pilihan ke Kristen. Tapi, saat menjalin hubungan dengan Ariel NOAH, ia sempat dikabarkan pindah agama ke Islam. 

Berdasarkan isu yang beredar, ia sempat menjadi mualaf tapi ditutup-tutupi. Namun, pada tahun 2018 silam, ia diduga kembali memeluk agama Kristen setelah mengunggah foto interior gereja yang berada di Dusseldorf, Jerman. Pada tahun 2022 kemarin, ia juga sempat mengunggah foto salib. 

4. Marini Soerjosoemarno

Marini Soerjosoemarno

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Marini Soerjosoemarno adalah salah satu artis keturunan Yahudi dan Belanda. Ia tumbuh di lingkungan Yahudi, dia sempat hidup dalam ajaran yang taat dalam beribadah. Ketika menikah dengan Lukman Sardi, Marini masih menganut agama Kristen, tapi setelah itu dia memilih untuk pindah agama. 

Irwan Mussry dan Maia Estianty

Photo :
  • Instagram/maiaestiantyreal

Suami dari musisi kondang Maia Estianty, Irwan Mussry merupakan seorang pria berdarah Yahudi Israel. Darah tersebut mengalir dari sang ayah yang bernama Charles Mussry. Sang ayah yang menjadi konsultan kedutaan Australia sekaligus tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan. Ia kemudian memutuskan untuk pindah agama Islam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya