Keluar Negeri Sejak Mei, Tersangka Penggelapan Mobil Jessica Iskandar Akhirnya Tiba di Indonesia

Jessica Iskandar dan CBS
Sumber :
  • Tangkapan Layar Instagram

JAKARTA - Christopher Sfefanus Budianto (CSB) yang merupakan tersangka kasus penipuan dan penggelapan sewa mobil artis Jessica Iskandar, sudah tiba di Tanah Air.

Merawat Bodi Mobil dengan Produk-produk Premium Kini Mulai dari Rp500 Ribu Saja

Dia tiba di Markas Polda Metro Jaya pukul 22.09 WIB. Yang bersangkutan masih memakai pakaian yang sama saat ditangkap di Thailand. Dirinya tidak bicara apapun saat dicokok. Adapun Christopher keluar dari Tanah Air sejak bulan Mei 2023.

Christopher Sfefanus Budianto (CSB) (Tengah),

Photo :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon.
BYD Indonesia Bangun Diler Mewah di Kawasan Cibubur

"Yang bersangkutan keluar dari Indonesia bulan Mei," ucap Kepala Bagian Kejahatan Internasional Secretariat National Central Berau Divisi Hubungan Internasional, Komisaris Besar Polisi Audie Latuheru kepada wartawan, Selasa 21 November 2023.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Ranmor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Yuliansyah menambahkan Christopher memang kerap-kerap pinda negara selama dalam pelarian. Pihaknya masih melakukan pendalaman apa yang dilakukan pelaku selama dalam pelarian.

Detik-detik Begal Taksi Online di Jakbar Gagal Gegara Portal Komplek Ditutup Semua

"Dari hasil pantauan kita sementara, kita belum bisa bicara banyak karena belum melakukan pemeriksaan. Tetapi, yang bersangkutan memang selain pindah-pindah tempat, menghindari pengejaran kita," ucap Yuliansyah.

Sebelumnya diberitakan, Christopher Sfefanus Budianto (CSB) yang merupakan tersangka kasus penipuan dan penggelapan sewa mobil artis Jessica Iskandar, ditangkap. Hal itu diungkap Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri, Inspektur Jenderal Polisi Krishna Murti.

"Benar, yang bersangkutan telah ditangkap," kata dia kepada wartawan, Senin 20 November 2023.

Adapun yang bersangkutan ditangkap di Thailand. Christopher sebelumnya sudah masuk red notice Interpol. Dengan bantuan polisi dan imigrasi Thailand, alhasil tersangkapun berhasil diamankan. Kini, pelaku masih di sana.

Jessica Iskandar dan Vincent Verhaag

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh (Bali)

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya masih memburu Christoper Steffanus Budianto, tersangka kasus penipuan dan penggelapan mobil rental yang dilaporkan  Jessica Iskandar alias Jedar. 

"Belum tertangkap, masih kita kejar," ujar Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah saat dikonfirmasi, Rabu, 14 Juni 2023.

Yuliansyah mengatakan proses pengejaran terhadap Christoper Steffanus itu difokuskan ke luar negeri. Pihaknya menduga, Christoper kabur ke dua negara yakni Malaysia dan Singapura.

"Indikasi Singapore atau Malaysia. Koordinasi dengan interpol melalui Divhubinter untuk pelacakan pelaku di sana,” jelasnya.

Christoper Steffanus ditetapkan sebagai tersangka kasus penipuan dan penggelapan mobil yang dilaporkan Jedar.

"Iya benar inisial CSB telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Diketahui, polisi telah memanggil Cristopher Stefanus sebelum ditetapkan sebagai tersangka sebanyak dua kali. Namun, dari dua panggilan tersebut, Cristopher tak pernah hadir. 

Adapun laporan Jessica Iskandar atas kasus penipuan dan penggelapan mobil ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 15 Juni 2022. Saat itu, Cristopher Stefanus dilaporkan dengan dugaan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP tentang Penipuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya