Pengennya Hidup Enak Jadi Artis, Uya Kuya Terpaksa Nyaleg Gegara Pengalaman Pahit

Uya Kuya
Sumber :
  • reporter/Rizkya Fajarani Bahar

VIVA Showbiz – Uya Kuya kini sedang gencar berkampanye untuk memperebutkan kursi sebagai anggota DPR RI lewat Pemilu 2024 mendatang. Selama berkarier di industri hiburan Tanah Air, Uya Kuya dikenal sebagai seorang presenter sekaligus komedian yang tak jarang acara miliknya membuat heboh publik.

Ada Sabu dan Ekstasi saat Polisi Tangkap Artis Rio Reifan

Hingga akhirnya ia memiliki kanal YouTube sendiri yang mana berisi konten-konten inspiratif sekaligus membantu masyarakat di sekitar. Konten yang ia unggah di media sosial pun sering kali dihapus dengan ancaman akan dilaporkan ke pihak berwajib. Yuk, scroll untuk tahu cerita lengkapnya.

Dengan bergabungnya ke dunia politik dan mengemban amanah dari rakyat, Uya Kuya berharap bisa ikut andil dalam memperbaiki sistem hukum yang menurutnya tidak merata kepada seluruh masyarakat. Mengingat statusnya sebagai artis tidak mempunyai wewenang dalam hal itu, maka Uya Kuya memutuskan untuk menjadi bagian darinya.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

"Bukan podcast aja, tapi kawal kasusnya sampai selesai. Justru kita malah dapat laporan polisi, dapat amplop cokelat, intimidasi. Terus beberapa orang penting justru take down konten kita dengan ditakut-takuti," ujar Uya Kuya, mengutip video YouTube Mata Najwa, Rabu 17 Januari 2024.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Berangkat dari pengalaman pahitnya merasakan langsung ketidakadilan hukum di Indonesia itu, sang istri langsung meminta Uya untuk terjun ke dunia politik. Padahal, Uya Kuya mengaku sudah sangat nyaman menjadi seorang artis yang sudah mengubah hidupnya menjadi lebih damai karena banyak pemasukan.

"Dia bilang, 'walau lu sarjana politik UI pun lu harus masuk politik'. Tapi saya bilang, 'udah enakan jadi artis aja'," ujarnya.

Kemudian, di tahun 2022 Uya Kuya mulai mendapatkan lebih banyak tekanan karena ia sering membantu masyarakat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bantuan hukum. Uya Kuya sendiri bahkan sampai terlibat masalah dengan pihak berwajib saat dalam proses mencari keadilan bagi orang yang dibantunya.

"Tiba-tiba 2022 pas kita dapat banyak tekanan itu, 'lu kayaknya harus masuk ke dalam sistem karena nih segini bobroknya sistem hukum kita. Anak cucu kita kasihan jadi korban'," jelas Uya Kuya.

Pria 48 tahun itu menjelaskan ada banyak masyarakat yang memberikan aduan kepada layanan bantuan hukum yang ia dirikan. Seperti kasus orangtua yang kehilangan anak, Uya Kuya berhasil mempertemukan mereka lagi berkat usaha yang dilakukan. Di samping dengan proses hukum, Uya Kuya juga selalu memviralkan masalah para kliennya agar mendapatkan perhatian dari pihak berwenang.

Uya Kuya.

Photo :
  • VIVA/Aiz Budhi

Tidak sedikit juga masyarakat yang mengadu pada Uya Kuya bahwasannya mereka sudah melaporkan masalah kepada pihak berwajib namun hanya ditanggapi alakadarnya.

"Banyak orang yang ngadu ke kita. Orang yang ditindas secara hukum, yang ditindas oleh oknum aparat. Ada juga yang dikriminalisasi. Tapi kita sebagai artis atau YouTuber aja Alhamdulillah berapa kasus bisa kita selesaikan," papar Uya Kuya.

"Dia udah curhat ke anggota dewan, komnas, ini, itu, tapi cuma rekomendasi aja, anggota dewan curhat didengerin aja," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya