Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Dirawat di HCU dan Pakai Alat Pacu Jantung

Chicco Jerikho
Sumber :
  • IG @chicco.jerikho

VIVA Showbiz – Aktor Chicco Jerikho mendadak jadi sorotan pengguna media sosial menyusul dengan kondisi kesehatannya yang sempat menurun beberapa waktu lalu. Dalam bincang-bincangnya bersama Daniel Mananta, Chicco Jerikho mengungkap sempat dibawa ke rumah sakit dengan kondisi yang memprihatinkan saat itu.

Kate Middleton Fokus Kemoterapi Kanker, Absen dari Kehidupan Publik Sepanjang Tahun

"Setelah selesai syuting gue ngerasa tiba-tiba gue sakit, gue aneh dilariin ke rumah sakit dicek tensi gue sampai 60/40 i can't feel my legs," kata Chicco Jerikho dikutip dari tayangan YouTube Daniel Mananta. Scroll lebih lanjut ya.

Lebih lanjut, diungkap Chicco lantaran kondisi kesehatannya yang menurun drastis saat itu. Pihak dokter memindahkan Chicco ke ruang perawatan High Care Unit (HCU).

Jelang Idul Adha, DPKP Tangerang Sebut Tak Ada Kasus PMK pada Hewan Ternak

"(Tubuh gue) dingin dari ujung kaki sampai ke sini, dingin banget kaki gue kayak diobeservasi kanan kiri sampai akhirnya dipindahin ke HCU," ujarnya.

Ada Masalah Serius, Keputusan Rumah Tangga Ruben Onsu-Sarwendah Lagi Didiskusikan Pengacara

Chicco juga mengungkap saat itu dia juga harus dipasang pacu jantung lantaran detak jantungnya yang sangat rendah. Tak hanya itu saja, beberapa alat juga dipasang di tubuhnya untuk membantunya tetap bertahan. 

"Pakai pacu jantung karena heart rate gue sangat rendah pada sat itu. Sampai gue harus disupport sama alat supaya gue bisa tetap bertahan. Selama tiga hari gue ngerasa udah kayak yang enggak-enggak. Nafas gue susah," kata Chicco.

Chicco Jerikho.

Photo :
  • Instagram @chicco.jerikho

Saat itu, Chicco juga menjalani pemeriksaan tes COVID-19 sebanyak tiga kali. Namun hasilnya ternyata negatif. Pihak dokter juga awalnya menduga bahwa Chicco mengalami badai sitokin, mengingat ayah satu orang anak ini pernah terpapar virus COVID-19. Namun lagi-lagi ternyata bukan itu penyakitnya.

"Awalnya gue ngerasa covid ternyata di PCR berkali-kali tiga atau empat kali hasilnya negatif. Terus ini penyakit apa maksudnya gue susah banget ya nafas. Beberapa penyakit dipikir sama dokter Sitokin tapi jaraknya terlalu jauh gue survivor covid pada bulan februari kemarin," kata Chicco.

Hingga akhirnya dokter mengungkap penyakit yang dialami oleh ayah dari Suri itu adalah sepsis. Sepsis adalah peradangan ekstrem akibat infeksi yang berpotensi mengancam nyawa.

Chicco Jerikho

Photo :
  • ist

Sepsis terjadi ketika infeksi dalam tubuh memicu infeksi lain di seluruh tubuh Anda. Sepsis terjadi saat sistem imun bereaksi berlebihan dengan melepas zat kimia ke dalam pembuluh darah untuk melawan infeksi mikroorganisme penyebab penyakit.

"Baru akhirnya dokter bilang sepsis. Sepsis itu infeksi dan itu sangat berbahaya dan begitu gue sembuh gue udah keluar dari ruang HCU dokter bilang beberapa yang ngalamin kejadian seperti ini sebenarnya ya beruntunglah survive dikasih kesempatan. Padahal kondisinya yang udah buruk kondisi gue saat itu," kata Chicco Jericho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya