Ingatkan Keberagaman, J-Rocks Rilis Ulang Lagu 'Wudhu'

J-Rocks
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Setelah cukup lama vakum, grup band beraliran rock asal Indonesia, J-Rocks baru saja merilis lagu religius Wudhu, yang merupakan lagu milik musisi senior Bimbo. Agak aneh melihat musisi yang sudah lama tak merilis album, justru kembali dengan single religi di waktu yang bukan bertepatan Ramadan. 

Gak Nyangka, Adhisty Zara Ternyata Cucunya Acil Bimbo

Ternyata, ada alasan dibalik lagu Wudhu yang diaransemen ulang sesuai dengan aliran musik J-Rocks. Grup beranggotan Iman, Sony, Wima, dan Anton ini ingin kembali mengingatkan pada semangat keberagaman generasi milenial yang saat ini dinilai cukup rentan dengan berita hoax dari media sosial dan memicu radikalisme, serta tindak kekerasan dan intoleransi di antara remaja muslim. 

"Alhamdulilah, kami dipercaya (membawakan lagu Wudhu), pokoknya dipesannya untuk cara J-Rocks. Sebenarnya, lagu ini dari dulu sudah kuat dan hits, sangat dalam maknanya dan kita berusaha makna tersebut tetap biza disampaikan tapi dengan cara J-Rocks," kata Iman, vokalis J-Rocks dalam jumpa pers rilis video K-Rocks 'Wudhu', di Queens Head, Kemang, Jakarta Selatan, 23 Januari 2018.

Mahfud MD: Agama Itu Urusan Pribadi

Perwakilan dari Convey yang merupakan kerja sama antara Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta, yang secara khusus menggandeng J-Rocks untuk bisa menggaet generasi muda lewat lagu berjudul Wudhu ini menjelaskan bahwa band yang dibentuk sejak 2003 tersebut memenuhi semua syarat yang mereka cari untuk mencegah perilaku radikalisme di kalangan generasi muda. 

"Kita berharap, anak muda lebih dekat dengan lagu Wudhu, paling tidak, ada kesadaran yang membekas di benaknya tentang keislaman yang lebih toleran. Anak muda sekarang kan pinginnya yang rileks, santai, akhirnya mengerucut pada lagu Wudhu tadi, dan ada pertimbangan panjang kenapa akhirnya J-Rocks. Ya, karena dia dikagumi anak-anak muda," kata Deden Ridwan. 

Jadi Perekat Keberagaman, Jokowi: GP Ansor Selalu Dibutuhkan 

Musik Bimbo yang biasanya identik dengan nuansa balads, begitupun dengan lagu Wudhu, ketika diaransemen ulang oleh J-Rocks seakan lagu tersebut berubah menjadi lagu yang mencirikan J-Rocks. Bahkan, untuk pertama kalinya Iman memasukkan rap kedalam lagunya. 

"Kalau boleh jujur ini (rap) pesanan,'kalau bisa dimasukkan unsur rap'. Awalnya gimana ya, kita coba alhamdulillah jadi yang tadi," ujar Iman. 

Video klip Wudhu yang dibawakan oleh J-Rocks ini telah resmi dirilis hari ini, sementara untuk lagu Wudhu sendiri juga diperdengarkan secara serentak menjelang waktu Magrib dan setelah Magrib tiba di beberapa radio, seperti RRI, Trijaya dan sekitar 40 radio lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya