Lagi-lagi BTS Dapat Sertifikat Emas dari Amerika

Penampilan Boyband Korea Selatan BTS di American Music Award
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni

VIVA – Prestasi kembali diraih boyband asal Korea Selatan, Bangtan Boys (BTS). Kali ini, melalui lagu DNA, BTS lagi-lagi berhasil menyabet sertifikat Gold dari Recording Industry Association of America (RIAA) atau Asosiasi Industri Rekaman Amerika Serikat. Dengan ini, BTS tercatat sebagai grup K-Pop pertama dalam sejarah yang lagunya disertifikati Gold oleh asosiasi tersebut.

So Sweet, Jin BTS Diberi Kejutan Manis oleh ARMY Jelang Ulang Tahun

DNA kembali meraih capaian yang sama. Ini adalah single dari album Love Yourself: Her yang dirilis pada September 2017 lalu. Belum lama ini, single mereka yang berjudul Mic Drop versi remix juga berhasil meraih sertifikat yang sama.

Menurut All Kpop, lagu tersebut berhasil menduduki puncak tangga lagu iTunes di 32 negara di seluruh dunia dan berada di peringkat 67 di tangga lagu Hot 100 Billboard pada saat pertama diluncurkan. 

Keseruan Ayu Ting Ting dan Bilqis Nonton Konser BTS di Amerika

Untuk mendapatkan sertifikasi dari RIAA, sebuah lagu harus mencatatkan lebih dari 500 ribu unduhan digital dan streaming berupa audio dan video. 

Sebagai grup K-Pop pertama yang terakreditasi, ini merupakan prestasi besar bagi BTS, yang telah membuka jalan bagi musisi Korea untuk masuk ke dalam pasar musik Amerika berkat gaya musik mereka yang dinamis. DNA merupakan lagu Korea ketiga yang meraih pencapaian ini, menyusul Mic Drop dan Gangnam Style dari PSY yang mendapat Multi Platinum pada tahun 2012. (ren)

Daftar Lengkap Pemenang Asia Artists Awards 2021, BTS Menang Daesang
BTS menjadi duta kampanye UNICEF sejak tahun 2017. Sumber: Website resmi UNICEF

Pengaruh Positif Fandom Idol BTS dalam Kegiatan Sosial

Budaya fandom K-pop berdampak positif pada aktivisme sosial dan politik. Mereka juga memiliki pengaruh kuat pada perubahan sosial.

img_title
VIVA.co.id
30 Januari 2023