Indieland x Soundsations, Tawarkan Pengalaman Baru Pecinta Musik Indie

Indieland X Soundastions
Sumber :
  • Viva.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA – Pergerakan grup musik mandiri atau indie label semakin besar. Untuk merayakan hal itu, dengan mengusung semangat kemandirian, solidaritas dan kebebasan berekspresi, muncul Indieland x Soundsations: Land of Expression. Sebuah acara yang melibatkan lima band papan atas dan 14 band indie hasil audisi IndieLand selama dua bulan terakhir.

Semarak Festival Musik Indie di Akhir Tahun

"Semangat untuk mencari peluang demi memajukan dan menunjukkan karya kepada khalayak luas menjadi poin penting dalam pergerakan musik indie saat ini," kata Ikrar Ariandara atau yang akrab disapa Ryan sebagai Project Director dari Java Indonesia Project (JIP) saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Acara telah sukses digelar pada 15 Desember 2018 di Summarecon Digital Center. Jauh sebelum itu, perjalanan Indieland telah dimulai sejak November 2018, saat penyelenggara membuka pendaftaran bagi para band untuk bergabung.

Nikmati Alunan Musik Indie Nan Sinematik dari Sun Eater di GopLay

Karya tersebut dikurasi oleh Gara Gara Musik, komunitas yang peduli akan kemajuan musik indie, yang digawangi, Rudy Iwawan, Fia dan Tania Samantha. Terpilih 15 band dari acara tersebut dan akhirnya bisa mangung bersama The Groove, Maliq & d'Essentials, Diskopantera, The Sigit, Sisitipsi dan Riuh Sunyi.

"Meskipun nantinya band-band indie jebolan Indieland X Soundsation ini memiliki naungan label, mereka haruslah tetap memiliki identiras tersendiri karena indepedency adalah nafas dari sebuag band indie, itu tidak dapat ditawar," kata Reza Pamungkas, salah satu advisor. 

Wahai Kaum Indie Snob, Telah Datang Peringatan yang Nyata Bagimu

Acara itu juga bisa terjadi atas kerjasama JIP dan Soundsation. Lewat acara itu pula penyelenggara ingin memberikan ruang kepada musisi indie untuk bisa meng-eksplorasi diri untuk berkarya dan memasarkan karya kepada penikmat musik yang lebih luas.

Konser Close Head

Usai Gelar Tur, Label Musik Independen di Bandung Cari Bakat Baru

Label rekaman independen terbesar di Bandung, Didi Music Record telah selesai membawa artisnya konser keliling Jawa dan Bali. Kini, mereka mencari bakat baru.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2022