Format Baru Jogja Hiphop Foundation di Prambanan Jazz Festival 2019

Jogja Hiphop Foundation (JHF).
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Jogja Hiphop Foundation (JHF) tampil dengan konsep baru saat manggung di Prambanan Jazz Festival #5, Jumat, 5 Juli 2019. Jika biasanya tampil dengan konsep hiphop, kali ini JHF mencoba tampil dengan format jazz.

Cara Ini, Buat Talenta Lokal Naik ke Panggung Kelas Internasional

Pentolan JHF, Marzuki Mohammad atau kerap disapa Kill The DJ mengatakan bahwa ini pertama kalinya JHF tampil dengan format jazz. Saat tampil dengan format jazz, JHF berkolaborasi dengan musisi dari komunitas Jazz Mben Senen.

"Ini pengalaman pertama manggung berkolaborasi dengan jazz. Masak manggung di acara jazz tapi enggak nge-jazz?Malu lah kalau enggak nge-jazz. Kalau kolaborasi dengan orkestra sering lah. Gamelan juga sering," ujar Juki di Jogja, Jumat. 5 Juli 2019.

Padi Reborn Buat Semangat Penonton PJF 2022 Terlahir KembalI

Juki menyebut tampil dengan konsep jazz menjadi tantangan tersendiri bagi JHF. Iamengatakan bahwa JHF harus berlatih intensif selama satu minggu sebelum tampil di Prambanan Jazz Festival #5.

"Ini (tampil dengan konsep jazz) beda banget. Ada banyak hal yang dipersiapkan. Kita kan biasanya enggak pakai nada sama sekali. Nge-rap, nge-rap aja. Persiapannya sekitar satu minggu dan empat kali latihan," kata Juki.

Kunto Aji Kembali Lepaskan Magis Mantra Mantra di PJF 2022

Tampil di Prambanan Jazz Festival #5, JHF membawakan enam buah lagu. Keenam lagu itu adalah Ilmu Empring, Jula Juli, Ora Cucul Ora Ngebul, Jaran Kepang, Topi Miring dan Jogja Istimewa.

Anas Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival

AR Rahman, Pencipta Chaiyya Chaiyya Siap Goyang Prambanan Jazz 2024

Dengan menyatukan keindahan musik Rahman dan keberagaman budaya Prambanan, festival ini diharapkan menjadi pengalaman budaya yang tak terlupakan bagi penonton.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2024