28 Tahun Disimpan, Chrisye 'Dihidupkan' untuk Single Rindu Ini

Rindu karya Chrisye
Sumber :
  • Dokumentasi Musica

VIVA – Meski raganya sudah tidak ada, tetapi karya-karya dari musisi Chrisye masih tetap berada di hati penggemarnya. Ternyata ada salah satu harta karun milik Chrisye yang belum sempat dirilis setelah berpuluh-puluh tahun. 

Lama Tak Muncul, Nidji Rilis Single Baru Ciptaan Guruh Soekarno Putra

Lagu berjudul Rindu Ini yang merupakan andalan dari almarhum Chrisye telah tersimpan lama dan belum pernah dirilis sebelumnya. Pada lagu itu terdapat cerita menarik sebab sebenarnya telah selesai digarap pada tahun 1992. 

Namun setelah 28 tahun berlalu, lagu ini kemudian baru dirilis oleh pihak Musica Studios di bulan September 2020, bertepatan dengan bulan kelahiran Chrisye, sang legenda musik tanah air.

Musica Studios Angkat Bicara Soal NOAH Pamit dari Dunia Musik, Jelaskan Hal Ini

Baca Juga: Chrisye 'Dihidupkan Kembali' Lewat Drama Musikal

Lagu ciptaan Tito Soemarsono dan Cecep ini berkisah tentang seseorang yang jatuh hati terhadap pasangannya. Terdapat kerinduan yang tersimpan. Meskipun ada cerita sedih di masa lalu, namun dia tetap tulus mencintai sang kekasih kelak hingga akhir hayatnya nanti.

Pamit dari Dunia Musik, NOAH: Sampai Jumpa Lain Waktu

Dwiki Dharmawan selaku produser musik lagu ini mengungkapkan lagu Rindu Ini diciptakan dengan teknologi keluaran awal 90-an yang terbilang modern pada masanya. 

"Jika diperdengarkan dengan seksama, aransemen dan musiknya masih relevan dengan zaman sekarang. Pada saat itu, proses pembuatannya memakan waktu sekitar 1 (satu) minggu,” ujar Dwiki dalam keterangan yang diterima VIVA, Jumat, 25 September 2020.

Sementara, Indrawati Widjaja atau ibu Acin selaku Executive Producer dari Musica Studio menjelaskan pada masa itu proses untuk pemilihan lagu andalan tidaklah mudah. 

Lagu andalan biasanya terdiri dari beberapa lagu, sehingga diperlukan pertimbangan yang matang untuk memasukkan lagu andalan ke dalam rangkaian album selanjutnya. Demikian juga dengan lagu Rindu Ini. 

"Lagu ini adalah salah satu lagu yang saat itu diunggulkan dan masih tersimpan rapi sampai saat ini. Musica baru memutuskan untuk mengeluarkan lagunya sekarang karena lagu ini dirasa memiliki materi bagus dan tetap bisa dinikmati oleh pencinta musik saat ini,“ ujar Ibu Acin.

Lagu Rindu Ini dari Chrisye sudah bisa dinikmati pada tanggal 25 September 2020 di Spotify, YouTube, dan seluruh digital platform. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya