Dibantu Kamga Tangga sampai Asta RAN, Seby Ubah Puisi Jadi Lagu

Seby
Sumber :
  • Ist

VIVA – Banyak hal yang jadi isnpirasi terciptanya sebuah lagu. Beberapa diantaranya puisi dan pengalaman pribadi. Kedua hal itu lekat dijadikan karya lagu karena kata-kata yang sudah terangkai dan penjiwaan karena pernah dialami biasanya jadi dua alasan utama.

Kondisi Kesehatan Jhonny Iskandar Sebelum Meninggal hingga Pernah Mati Suri

Hal itu pula yang terjadi pada penyanyi bernama Seby. Ia membawakan lagu berjudul Berubah. Lagu tersebut berasal dari pengalaman pribadinya. Bercerita mengenai seseorang yang dikasihinya namun mendadak berubah sikap.

"Ketika seseorang yang aku sayangi berubah sikap drastis. Yang tadinya saling peduli, tiba-tiba dia menutup diri dan menjauh dariku. Lebih sakitnya, aku tidak pernah diberi tahu alasan dari perubahan sikapnya, jadi aku terus bertanya-tanya bagaimana aku bisa menyelesaikan masalahnya, padahal aku sendiri juga gak tau masalahnya apa," kata Seby dalam keterangan tertulisnya.

Ayah Mahalini Ungkap Sifat Asli Putrinya, Tak Seperti yang Disangka Netizen

Seby kemudian ingin melakukan apa saja agar orang tersebut kembali seperti dulu. Tanpa disadari hal itu yang menjadikan hubungan tersebut toxic relationship.

"Hubungan tersebut menjadi toxic relationship, aku sering dimanfaatkan, karena dia tahu aku rela melakukan apapun untuk mengembalikan hubungan kita yang dulu," ujarnya.

Miss Universe Indonesia 2023, Fabienne Nicole Ceritakan Pengalaman Pertama Lewat Cinta yang Salah

Seby menyadari tidak semua hubungan harus dipertahankan. Jika diteruskan hal itu akan berubah menjadi saling melukai. Pengalaman tersebut pula yang ditulisnya menjadi sebuah puisi.

"Kejadian tersebut aku tulis menjadi puisi untuk kelas Bahasa Indonesia, dan kemudian dibanggakan oleh guruku di depan satu angkatan. Tanpa sadar, puisi itu aku abaikan selama dua tahun sebelum aku buat melodi dan chord-nya," kata Seby.

Salah satu lirik favoritnya dalam lagu tersebut adalah bagai bunga dan benalu. Dari kata itu sudah menggambarkan bagaimana lagu dan hubungan yang dijalani. Ia dibantu banyak musisi dalam mengemas lagu ini.

"Aku rekam secara profesional pada umur 16 tahun dengan Asta RAN dan Handy Soulvibe sebagai produser, juga Kamga sebagai vocal director dan backing vocals," ujarnya.

Dalam bermusik, ia terinspirasi oleh penyanyi-gitaris Neo-Soul antara lain H.E.R dan John Mayer. Selain itu, ia juga mengagumi vokalis contemporary R&B seperti Ciara, Jojo, dan Summer Walker. Maka, Berubah memiliki alunan chord Neo-Soul dengan teknik bernyanyi R&B.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya