Bedah Single 'Juliette' Dewa 19, Karya Monumental Rasa Milenial

Dewa 19 feat. Ello
Sumber :
  • Instagram

VIVA – “Raksasa itu pun telah kembali”, ungkapan tersebut rasanya cukup relevan menggambarkan momen munculnya lagi karya teranyar salah satu band legendaris Tanah Air, Dewa 19. Pasca ‘tertidur’ selama hampir 12 tahun dalam urusan hadirkan hits-hits fenomenal, grup rock asal Surabaya itu pun kini suguhkan aroma baru dari kiprah mentereng mereka.

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0

Muncul kembali di era baru industri musik global, skuat bermaterikan maestro Ahmad Dhani (keyboard), Andra Ramadhan (gitar), Yuke Sampurna (bass) serta Agung Yudha Asmara (drum) itu pun menatap kiprah tahun ini dengan single teranyar.

Tepat 30 tahun dari kemunculan perdana debut album '19' di industri musik pada 1992 silam, Dewa 19 mencoba sesuatu baru yang dinamis namun cukup berkelas dengan meluncurkan single anyar ‘Juliette’ mulai 1 April 2022.

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Hal ini pun membuktikan Dewa 19 mempunyai fondasi konsistensi yang kuat dalam berkarya. Lantas seperti apakah lagu ‘Juliette’ yang vokalnya dipercayakan pada Marcello Tahitoe (Ello) itu? berikut ulasannya.

Dewa 19 feat Ello

Photo :
  • Tangkapan layar video YouTube Video Legend
Raih Suara Tertinggi, Ahmad Dhani dan Once Mekel Berpeluang Ketemu di Kursi Senayan

Pada prinsipnya, Dewa 19 merilis "Juliette" sebagai wajah terdepan dari rangkaian rilisan lainnya yang layak kita nantikan di sepanjang tahun ini. Lagu itu pun menjadi momen unjuk gigi kembalinya Dewa 19 setelah 12 tahun tak merilis karya baru.

Secara umum, single "Juliette" cukup berbobot untuk mengenalkan citra terkini Dewa 19 pada generasi milenial sebagai band ‘tua’ yang tetap memiliki musikalitas yang semakin mumpuni.

Dari beat serta nuansa yang coba dihadirkan, lagu ini cukup memberi penyegaran bagi para penggemar lawas Dewa 19 yang mencari ‘bentuk kekinian’ band idolanya itu yang membalutkan secerca sentuhan Electronic Dance Music (EDM) yang kuat dan terkesan progresif.

Lirik lugas khas Ahmad Dhani juga berhasil melekat apik dengan harmoni musiknya. Skema itu pun seolah bukan strategi baru untuk Dewa 19 yang kerap mampu mengeksplorasi dengan baik setiap part lagu "Juliette" ini.

Dilibatkannya instrumen tiup brass section dalam aransemen lagu ini, kian menambah kesan megah dan cukup jadi pembeda dari sekedar lagu rock biasa pada umumnya.

Dewa 19 feat. Ello

Photo :
  • Instagram

Sementara untuk urusan penggarapan sound, tak perlu diragukan lagi jika single ini memiliki ramuan berkelas dengan identitas musik Dewa 19 yang cukup jelas.

Balutan vokal Ello pun seolah ditempatkan sebagai ‘senjata’ untuk memberikan gebrakan 'efek kejut' pada publik yang disuguhkan karakter vokal ngerock-nya saat disandingkan dengan Dewa 19. 

Ahmad Dhani dalam project ini juga bertindak sebagai produser dan meramu aransemen musiknya. Bagi masing-masing penggemar Dewa 19 dan Ello, formasi baru ini sudah penah terjadi pada konser virtual Dewa 19 di tahun 2021 lalu.

Saat itu, Ello menampilkan tiga lagu milik Dewa 19 hingga mendapatkan respons positif dari para penggemar yang akhirmya menginisiasi untuk menjadikan Ello sebagai anggota tetap.

‘Juliette’ dirilis di bawah naungan Republik Cinta Records milik Ahmad Dhani, single ini dapat mulai didengarkan pada 1 April 2022 di seluruh layanan musik streaming melalui hasil kerjasama eksklusif dengan Believe Artist Services.

Di hari yang sama, video musik untuk ‘Juliette’ juga dirilis melalui kanal YouTube Video Legend.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya