Musisi Jalanan Dirangkul Moeldoko, Milenial Mengapresiasi

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko bersama seniman
Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko bersama seniman
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Showbiz – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko, selalu memiliki ide menarik setiap berkunjung ke suatu daerah. Dia luangkan untuk berdialog interaktif bersama suatu komunitas dan diunggahnya ke akun YouTube miliknya, DR. Moeldoko.

Dalam konten YouTube-nya itu, Moeldoko sering berdialog dengan beragam komunitas di berbagai daerah, seperti komunitas wayang dalang, budayawan, hingga pendekar. Di unggahan YouTube terbarunya, Moeldoko berkesampatan untuk berdialog interaktif dengan pelaku musisi jalanan di Bulungan Jakarta, pada 5 Agustus 2022.

Dialog Moeldoko dengan pelaku kreatif di beberapa daerah di Indonesia mendapat sorotan dari kalangan milenial. Nurkhasanah, Koordinator Nasional Aliansi Mahasiswa Milenial Indonesia (AMMI), mengapresiasi upaya kreatif Moeldoko tersebut. Nurkhasanah menerangkan bahwa melalui konten youtube Moeldoko, kelompok milenial banyak belajar mencintai warisan kebudayaan negeri.

“Melalui channel Pak Moeldoko, kalangan milenial semakin sadar bahwa ragam budaya di Indonesia ini begitu kaya dan unik. Para pelakunya pun berjalan atas kesadaran penuh untuk menjaga warisan budaya Nusantara. Ada pendekar, dalang wayang, budayawan hingga yang terakhir musisi jalanan ada di youtubenya Pak Moeldoko. Sebab itu, bagi siapa yang ingin belajar dan mengenal pelaku kreatif budaya Indonesia tonton aja YouTube Pak Moel,” kata Nurkhasanah dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Nurkhasanah menggarisbawahi youtube Pak Moel terkait musisi jalanan. Dia menilai Pak Moel memiliki kepedulian tinggi kepada musisi jalanan. Pasalnya, Nurkhasanah menengarai, Moledoko menjadi salah satu tokoh di antara tokoh-tokoh lain yang berani mengangkat isu musisi jalanan di kanal youtubenya.

“Saya melihat Pak Moeldoko menjadi salah satu, kalau nggak disebut satu-satunya yang mengangkat isu seni budaya di dalam diri musisi jalanan. Tokoh-tokoh lain sering mengangkat isu pengembangan start-up, isu teknologi, bisnis dan objek-objek yang bisa menghasilkan rupiah,” ujarnya.

Diketahui, YouTube Moeldoko melakukan dialog interaktif dengan Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ). Moeldoko menyatakan, semua anak bangsa memiliki potensi dan harus memahami potensi tersebut, namun yang menjadi persoalan adalah tidak mampu mengelola potensi menjadi kekuatan.

“Ini kalau dalam pelajaran militer pembinaan teritorial, jadi bagaimana mengelola potensi menjadi kekuatan, KPJ ini saya lihat seperti itu. Bagaimana potensi yang ada ini sama-sama dikelola menjadi sebuah kekuatan. Dengan value yang dimiliki KPJ seperti menghidupi, jangan merasa memiliki, jadilah pejuang jangan jadi orang yang diperjuangkan," kata Moeldoko.

Nurkhasanah melanjutkan justru dari dialog interaktif Moeldoko bersama musisi jalanan memberikan pelajaran berharga kepada generasi milenial untuk terus mengejar cita-cita sesuai passion masing-masing.

“Dari komunitas musisi jalanan, kita dapat belajar bahwa dengan keyakinan dan kreativitas bisa mewujudkan semua cita-cita yang kita inginkan. Mereka (musisi jalanan) tak khawatir perkara materi, tak risau soal rezeki. Yang mereka lakukan adalah melakukan sesuai passion, minat dan bakat kita,” tuturnya.