6 Musisi Ini Rahasiakan Identitas Pribadi, Wajah Ditutup Saat Manggung

DJ Marshmello
Sumber :
  • Instagram

VIVA Showbiz – Dalam dunia musik modern yang mana penampilan itu begitu penting dan visual penyanyi ditonjolkan. Namun, berbeda dengan beberapa musisi ini yang lebih suka diakui publik lantaran bakat mereka dan bahkan dengan sengaja menyembunyikan identitasnya dari khalayak ramai.

Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Meski sebenarnya anonimitas ini bukan konsep yang sepenuhnya baru, sebagian besar masih bingung mengapa beberapa orang memilih memakai kostum aneh dan menyembunyikan dirinya. Mungkin bisa saja memperlihatkan pesonanya lebih besar dengan menambahkan suasana misteri.

Hal ini juga memungkinkan pendengar untuk fokus pada seninya alih-alih memikirkan visual yang akan diperlihatkan. Untuk itu, berikut adalah ulasan mengenai band dan musisi anonym yang membuktikan diri lewat musik yang bisa dinikmati secara abstrak seperti dirangkum dari Bandwagon Asia.

Meiska Angkat Fenomena Istilah Badut dalam Lagu Terbarunya

1. Orville Peck

Konser Band All Time Low Siap Digelar, Supermusic Janjikan Hal Ini

Musisi Kanada Orville Peck sering terlihat mengenakan ansambel denim lengkap dengan topeng untuk menghindari mengungkapkan identitasnya kepada orang banyak. Album debut Peck, "Pony," telah dipuji karena liriknya, yang merangkum emosi cinta manusia dan patah hati melalui lagu-lagu seperti "Dead of Night" dan "Roses Are Falling."

2. BoyWithUke

Artis TikTok yang baru muncul, BoyWithUke, telah mendapatkan beberapa pengikut kultus meskipun tidak pernah muncul. Penyanyi-penulis lagu ini merilis dua album tahun lalu, Fever Dreams dan Melatonin Dreams, dan baru-baru ini merilis single baru, "Long Drives."

3. Portal 

Portal band death metal eksperimental Australia terkenal karena kostum panggung dan karakternya yang menampilkan The Curator pada vokal utama dan Horror Illogium pada gitar utama. Menariknya, penyanyi tersebut mencocokkan hiasan kepala yang dikenakannya saat tampil dengan tema album band saat ini.

Jika kamu tidak terbiasa dengan campuran Portal kematian dan black metal dengan elemen musik dark ambient, kamu harus memeriksa Vexovoid 2013 dan Ion 2018 terlebih dahulu. Rilisan terbaru mereka, AVOW dan Hagbulbia, dirilis oleh Profound Lore Records pada tahun 2021, sama ganasnya dengan rilisan lengkap mereka sebelumnya.

4. Ultra Mega Cat Attack

Ultra Mega Cat Attack (UMCA) adalah band rock Singapura yang telah menarik perhatian penonton dengan identitas visualnya yang unik, di mana setiap anggota band mengenakan topeng kucing yang dipesan lebih dahulu.

Sementara kebanyakan orang yang menonton UMCA mungkin bertanya-tanya siapa orang di balik topeng kucing mereka, grup tersebut bermaksud untuk menjaga anonimitas mereka sehingga fokusnya hanya pada musik mereka. Sejauh ini, mereka baru merilis satu single "009" di platform streaming.

5. Buckethead

Buckethead adalah seorang gitaris yang mengenakan topeng plastik putih dan topi ember KFC dengan kata 'funeral' bertebaran di atasnya. Sementara pria di balik topeng itu adalah Brian Patrick Carroll, tidak ada yang benar-benar tahu penampilan atau kehidupan pribadinya.

Meskipun anonimitas, Buckethead telah membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai pribadi, di samping karyanya dengan band-band legendaris seperti Guns N' Roses.

6. Claptone

Duo DJ Jerman dan produser Claptone menjadi terkenal di dunia musik elektronik karena mengenakan topeng emas. Topeng sebenarnya membantu menyembunyikan identitas mereka selama bertahun-tahun.

Sementara penggemar awalnya mengira Clapton adalah satu orang, mereka menemukan bahwa pertunjukan keluarga sering dilakukan di kedua tempat pada waktu yang sama, sehingga akhirnya disimpulkan bahwa mungkin ada dua orang di belakang musisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya