Genre Musik Khas Indonesia, Thomas Djorghi Ingin Dangdut Koplo Mendunia

Thomas Djorghi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA Showbiz – Thomas Djorghi mengungkapkan bahwa dangdut menjadi salah satu genre musik yang khas di Indonesia. Keunikan alunan musik serta cengkok merdu sang biduan, membuat Thomas Djorghi berharap dangdut seharusnya bisa mendunia.

Gandeng IEP, Kemenag Buka Peluang Sinergi dengan Perguruan Tinggi Amerika

Thomas Djorghi, salah satu juri di Koplo Superstar ANTV malam ini, Minggu 13 November 2022, mengungkapkan bahwa dangdut koplo berpotensi besar untuk go international. Menurutnya, itu juga menjadi tugasnya sebagai penyanyi dangdut untuk mengenalkan genre musik khas ini di telinga internasional.

"Itu yang kita harapkan ya, bisa mendunia. Emang tugas kita sebagai penyanyi dangdut. Tapi saya kan juga ada acara program dangdut in Amerika. Dan program-program di Amerika itu sebenarnya memperluaskan dan menyebarkan musik dangdut dari semua bagian. Kayak New York, LA, Washington, muter mempromosikan musik dangdut di sana," ujar pedangdut 53 tahun ini ditemui di Jakarta.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Koplo Superstar.

Photo :
  • Instagram @antv_official

Tak hanya dangdut klasik, Thomas Djorghi ikut mempromosikan dangdut koplo sejak tahun 2004 silam dan rutin setiap tahunnya. Meski sempat terhenti di tahun 2020 karena Pandemi COVID-19, namun Thomas Djorghi mengaku sudah cukup puas bisa mengenalkan genre dangdut secara internasional hingga banyak disukai.

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

"Dangdut koplo juga saya mempromosikan ke sana juga tiap tahun dari 2004 sampe 2020 kemarin itu muter tiap tahun ke Amerika untuk menduniakan musik dangdut itu. Kalau orang bule-bule itu suka akan dangdut, itu kita menghargai banget, masalah cengkok atau nggak bisa cengkok itu bukan masalah buat saya. Minimal, mereka suka dangdut itu kita hargai," jelas kakak kandung Sultan Djorghi.

Bicara soal dangdut koplo, Thomas Djorghi turut mengapresiasi peserta yang berhasil lolos ke babak 5 besar Koplo Superstar. Di acara malam ini, konsep diambil dari Bollywood dengan kostum khas India. Kelima peserta yang lolos sendiri, menurutnya, memiliki keunikan masing-masing meski ada satu yang terbaik di mata Thomas Djorghi.

"Kalau buat ngedukung, ngedukung semua, karena bagus kan anak saya semua, kasarnya gitu. Kalau saya dukung satu yang paling the best menurut aku, bukan the best sih, tapi dari kelima peserta yang tampil malam ini yang memenuhi syarat Masitoh," tuturnya.

Masitoh merupakan perwakilan dari Lampung yang diakui Thomas Djorghi sebagai 'Paket Lengkap'. Dari segi penampilan, suara, hingga pembawaan diri yang melengkapi keseluruhan aksi di panggung dengan aura yang tak biasa.

"Kalau Masitoh paketnya dari penampilan, suara, cara membawa dirinya, terus aksi panggungnya, dia bisa membawakan dengan baik," kata pelantun Umpan Cinta.

Meski sulit memprediksi juara di Koplo Superstar kali ini, namun Thomas Djorghi tetap menjagokan Masitoh sebagai paket lengkap. Untuk itu, Thomas Djorghi berharap agar para pecinta dangdut koplo bisa terus mendukung sehingga genre musik ini pun bisa semakin dikenal hingga mancanegara.

"Kalau dilihat dari Masitoh masih masuk dua besar, saingan dia Heru sebenarnya, kalau aku Heru. Tapi kita gak tahu hasil vooting dari rumah bakal dukung apa nggak gitu. Menurut saya Masitoh dan Heru yang dua besar menurut saya," kata Thomas Djorghi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya