Populer Tahun 90an, Fryda Lucyana Comeback dengan Lagu Sumpahku

Fryda Lucyana.
Sumber :
  • Dok Fryda Lucyana.

VIVA Showbiz – Penyanyi senior yang namanya populer pada tahun 90an, Fryda Lucyana kembali hadir di blantika industri musik Indonesia dengan merilis single berjudul Sumpahku. Ini merupakan karya kolaborasi dengan hits maker, Ryan Kyoto. Kolaborasi keduanya melakukan proses kreatif atas lagu ini, berlangsung selama dua tahun. 

Jonathan Kuo, Pianis Muda Indonesia yang Kembali Memukau di Panggung Musik Klasik

Fryda terkenal di kancah industri musik Indonesia lewat lagu Rindu karya maestro Eros Djarot. Kemudian lewat S'gala Rasa Cinta ciptaan Almarhum Dorie Kalmas dan Fryda Lucyana sendiri. Lagu Rindu hingga kini masih dinyanyikan dan direkam ulang oleh sejumlah penyanyi terkenal lain, salah satunya adalah Agnez Mo. Scroll untuk info selengkapnya.

Keberhasilan dua lagu tersebut mengusik Fryda untuk berinteraksi dan berdiskusi kreatif dengan Ryan demi menciptakan karya baru. Fryda dan Ryan sama-sama menyadari, mereka masih bersaudara dan kerap jumpa dalam berbagai acara keluarga, dan saling mengagumi karya masing-masing. Namun, keduanya belum pernah berkolaborasi menciptakan satu karya. 

Ramai Kabar Artis Cerai, Supri FX Justru Buat Lagu untuk Istrinya

Melalui proses yang sering terkendala waktu, akhirnya Ryan Kyoto dan Fryda Lucyana bersepakat untuk melakukan kolaborasi kreatif dengan lagu Sumpahku. Fryda berhasil mengekspresikan dan menyajikan lagu Sumpahku sebagai refleksi cinta yang dirasakan semua orang.

Jirayut Ungkap Alasan Kariernya yang Mandek di Negara Asalnya

"Single ini mengekspresikan komitmen cinta yang sangat kuat, menegaskan kesetiaan dan keteguhan sikap, bahwa cinta pertama adalah cinta terakhir yang abadi selamanya," kata Fryda dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, dikutip Senin 13 Maret 2023.

Proses kolaborasi kreatif Ryan Kyoto dan Fryda Lucyana tak dapat berlangsung cepat karena terkendala oleh aktivitas Fryda, juga karena dia berulang kali jatuh sakit dan mesti dirawat di rumah sakit.

Tak hanya itu, selama masa itu, Fryda juga mengalami duka yang mendalam, ketika papanya wafat. Perlu waktu cukup lama bagi Fryda untuk melanjutkan kerja kolaborasi kreatif dengan Ryan Kyoto, sampai lagu Sumpahku ini dirilis. 

Dengan lagu Sumpahku, Fryda berharap bisa menyapa dan merangkul lebih erat para penggemar dan penikmat lagu-lagunya selama ini, termasuk para sahabat dan kerabatnya.

"Single Sumpahku mengungkapkan, bahwa cinta itu menyatukan yang terserak, mendekatkan yang jauh, memesrakan yang dekat, untuk sama-sama berkomitmen saling memuliakan," kata Fryda. 

Fryda Lucyana.

Photo :
  • Dok Fryda Lucyana.

Sejumlah nama besar yang tak asing lagi di blantika musik Indonesia terlibat. Fryda menyebut, selain dirinya sebagai vokalis sekaligus Executive Producer dan Ryan Kyoto sebagai komposer, Sandy Canester bertindak sebagai music producer, sekaligus sebagai music arranger bersama Rio Ricardo. Dewa Budjana pun terlibat sebagai special appearance on guitar.

Kini single Sumpahku sudah dapat dinikmati melalui berbagai Digital Streaming Platform. Fryda mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, termasuk kepada Aquarius Musikindo selaku distributor. Disertai harapan single Sumpahku dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya