Sebelum Terkenal, Cakra Khan Rela Dangdutan di Bar Hingga Nyanyi 40 Lagu Semalam

Cakra Khan.
Sumber :
  • Istimewa

JAKARTA – Perjalanan karier penyanyi Cakra Khan ternyata sangat berliku sebelum sukses dan dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan menuai pujian juri di America's Got Talent. Semasa kecil dan remaja, Cakra Khan rupanya mencari penghasilan melalui keteguhannya bernyanyi dan tampil di hadapan orang banyak yang rela dilakukan dengan cara tak biasa.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Dalam acara di Sarinah, Cakra Khan sempat mencurahkan isi hatinya dengan mengaku menjajal karier bernyanyi sejak duduk di bangku sekolah dasar. Hal itu dilakukan penyanyi berusia 31 tahun itu dengan nyanyi dangdut hingga tampil sebagai wayang golek. Scroll lebih lanjut ya.

"Waktu itu kan gue dari Pangandaran, pas SMP, mulai nyanyi-nyanyi di bar Pangandaran, SD sebenarnya. Jadi nyanyi dangdut dulu, ikutan wayang golek," jelasnya, Jumat 21 Juli 2023.

Perayaan 20 Tahun Kongres Uighur Sedunia

Diakuinya, jalan yang berliku ia lalui demi mendapatkan penghasilan yang cukup untuknya saat itu. Tak hanya itu, tekadnya yang kuat agar bisa menjadi profesional pun membuatnya semasa masih di perguruan tinggi rela mencari uang dengan bernyanyi sebanyak 40 lagu dalam semalam.

Ramalan Zodiak 6 Mei 2024, Sagitarius: Ingat Masa Lalu Bisa Bikin Anda Stres

"Dulu pas saya masih kuliah di Bandung, hampir tiap malam (tampil), bisa 30-40 lagu tiap malam. Dari jam 8 beres jam 12. (Tenggorokan sehat) alhamdulillah, buat anak kosan, tahu ya," selorohnya.

Cakra Khan membeberkan bahwa masa-masa masih menyewa kamar kos demi bisa menempuh pendidikan, membuatnya memutar otak agar bisa bertahan hidup dengan penghasilan secukupnya. Beruntung, pengalamannya itu membuat Cakra Khan mampu memiliki suara khas dengan stamina yang luar biasa.

Cakra Khan.

Photo :
  • Instagram Cakra Khan

"Sekali-sekali saya ke (dokter) THT, kan cek, kesiapan nyanyi. Alhamdulillah nggak ada masalah," jelasnya.

Sebelumnya, Cakra Khan membeberkan bahwa sebagai penyanyi kerap memiliki prinsip, termasuk dengan mengikuti kesempatan berkompetisi agar semakin berkembang seperti di America's Got Talent. Cakra Khan kemudian mengaku bahwa kesempatan untuk bernyanyi melalui kompetisi membuatnya merasa tertantang. 

"Balik lagi ke prinsip karier saya. Prinsip pekerjaan saya tuh kayak saya gak mau ngelimit diri saya selagi ada kesempatan untuk berkembang, kenapa engga?" kata pelantun Harus Terpisah itu.

Terlebih, pelantun Mencari Cinta Sejati itu enggan merasa gengsi meski namanya sudah dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan, Cakra Khan pun sempat dihentikan saat bernyanyi oleh salah satu juri, Simon Cowell.

"Jadi gengsi di kebelakangain aja. Maksudnya, namanya kompetisi, kalah ya biasa. Jadi kalau saya kemarin pas ada kesempatan, selagi itu bidang saya, dan menurut saya itu bisa bikin bermusik saya berkembang lagi, kenapa engga?" jelasnya.

Beruntung, Cakra Khan menyanyikan lagu No Women No Cry milik Bob Marley dan berhasil memukau juri serta para penonton. Suara Cakra Khan itu pun membuat para juri setuju memberi ia kesempatan untuk ikut kompetisi America's Got Talent.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya