Cabikan Gitar Balawan Berkolaborasi dengan Gamelan

Gitaris asal Bali, Balawan diajang ubud village jazz festival 2017
Sumber :
  • VIVA.co.id / Bobby Andalan (Bali)

VIVA.co.id – Gitaris asal Bali, Balawan tampil memukau pada Ubud Village Jazz Festival. Betapa tidak, ia sukses memadukan alat musik modern dengan tradisional. Ya, Balawan tampil diiringi dengan alat musik gamelan Bali. Di tangan Balawan, gamelan Bali yang berpadu dengan cabikan gitarnya menghasilkan alunan musik yang enak didengar. Decak kagum pengunjung kepada kejeniusan Balawan ditandai dengan tepuk tangan meriah tiap kali ia menyudahi musiknya.

'Standing Applause' Penonton untuk Gerald Clayton Trio

Menurut Balawan, bukan perkara mudah memadukan alat musik tradisional dan modern. Butuh ketenangan hati dan jiwa agar keduanya menyatu menjadi irama padu. "Tidak mudah memadukan gamelan Bali dan musik saya. Apalagi gamelan di Bali biasanya untuk berkaitan dengan upacara keagamaan," kata Balawan dari atas panggung, Sabtu malam 12 Agustus 2017. 

Pada kesempatan itu, Balawan sempat memperlihatkan langsung bagaimana ia memadukan gamelan dan petikan gitarnya. Balawan lantas meminta personelnya yang memainkan gamelan untuk memukul alat musik itu secara perlahan. Lantas, ia juga memetik gitarnya perlahan menirukan bunyi gamelan. Sesudahnya, ia meminta agar tempo musik dipercepat namun tetap di satu nada saja. Balawan pun kemudian memetik gitarnya menyerasikan dengan bunyi gamelan. Hasilnya, sudah barang tentu membuat decak kagum. Perpaduan cabikan gitar Balawan dengan gamelan Bali menghasilkan irama yang enak didengar.

Benny Likumahuwa 'Sihir' Penonton Ubud Jazz Festival 2017

Setelah itu, Balawan kembali meminta agar temponya semakin dipercepat, seiring dengan meningkatkan kecepatan dirinya memetik gitar. Sontak saja, tepuk tangan meriah pengunjung pecah menandai keseruan penampilan Balawan. Tak sedikit mereka yang bergoyang mengikuti alunan lagu.

Di kesempatan itu, Balawan juga memperkenalkan personelnya di posisi drum yang baru berusia 12 tahun. Namun gebukan drumnya tak menandakan jika ia masih belia. Keyboardis Balawan pun masih remaja, baru berusia 16 tahun. Keduanya lantas bersahut-sahutan memainkan alat musik yang lagi-lagi membuat pengunjung begitu menikmati akhir pekan mereka di Ubud Village Jazz Festival 2017. (mus)

Turis Asing Larut dalam Kemeriahan Ubud Jazz Festival
Benny Likumahuwa di ajang Ubud Village Jazz Festival

Benny Likumahuwa Dianugerahi Legend of Jazz Indonesia

"Ada musisi master di Indonesia dan itu harus dijadikan panutan."

img_title
VIVA.co.id
13 Agustus 2017